NEWS

Dipicu Sengketa Lahan, Dua Rumah di Buton Dibakar Warga

485
×

Dipicu Sengketa Lahan, Dua Rumah di Buton Dibakar Warga

Sebarkan artikel ini
Dua rumah milik warga di Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton dibakar warga. Diduga aksi tersebut dipicu adanya sengketa lahan.

BUTON – Dua unit rumah milik warga di Desa Lasalimu, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) dibakar warga. Diduga aksi anarkis warga dipicu karena sengketa lahan, Senin 22 November 2021.

Warga setempat Amrun kepada mediakendari.com mengungkapkan, peristiwa pembakaran rumah diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.00 Wita. Selain rumah, tiga unit kendaraan roda empat jenis pajero, avanza dan mobil pick up daihatsu serta empat unit kendaraan roda dua juga ikut terbakar.

Peristiwa itu kata Amrun, diduga adanya sengketa lahan antara pihak pemerintah desa dan keluarga pemilik lahan. Saat itu, di lahan yang disengketakan akan dibangun kantor desa, namun pihak keluarga yang mengaku pemilik lahan menggugat pemerintah desa atas kepemilikan lahan tersebut. Bahkan gugatan itu telah sampai ke pengadilan dan dimenangkan oleh penggugat.

“Tapi masyarakat tidak terima, karena disana itu mau dibangunkan kantor desa. Fondasi nya sudah dibikin tapi tiba-tiba digugat. Setelah putusan, si penggugat yang menang. Itu yang bikin warga geram dan sampai nekat membakar dua rumah yang katanya ikut mendukung keluarga penggugat. Sementara yang menggugat itu warga dari Ambuau,” kata Amrun, Selasa 23 November 2021.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwajib. Namun di lokasi kejadian, terlihat anggota polisi dan TNI masih terlihat berjaga. Sementara pemilik rumah yang terbakar dalam pengamanan pihak aparat untuk mencegah aksi anarkis warga.

 

Penulis : Adhil

You cannot copy content of this page