oleh

122 CJH Asal Konsel Diberangkatkan ke Makassar

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST., MM berangkatkan 122 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Konsel yang tergabung di kelompok terbang (Kloter) 24, menuju Asrama Haji Sudiang – Kota Makassar.

Dalam sambutannya, H. Surunuddin menjelaskan bahwa patut disyukuri karena jumlah CJH Konsel mengalami kenaikan menjadi 122 orang, dari 65 jamaah di tahun 2017 dan 85 orang pada tahun 2018.

“Ini mengindikasikan bahwa perekonomian masyarakat mengalami kesejahteraan, ditambah kesadaran untuk melaksanakan perintah Allah SWT seiring visi Konsel yang sejahtera unggul, amanah dan religius,” ungkap Surunuddin di Auditorium lt. 3 Kantor Bupati, Senin (15/7/2019).

Ia berharap, selain fokus untuk melaksanakan rukun haji, CJH Konsel diminta menjadi duta daerah dan bangsa untuk berbaur dengan berbagai suku bangsa umat islam dari seluruh penjuru dunia, dengan menjaga perilaku dan kebersamaan dengan menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Dihimbau untuk tetap sabar dan jaga kesehatan, semoga do’a seluruh jamaah dapat menjadikan daerah kita lebih baik yang warganya sejahtera dan makmur menuju Desa Maju Konsel Hebat,” pungkasnya.

Dalam agenda pemberangkatan ini, Surunuddin menyerahkan bantuan berupa uang tunai, yang diserahkan kepada CJH untuk pelengkap biaya transport lokal selama di tanah suci.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka dalam laporan menuturkan, total jumlah CJH Konsel tahun 2019 sebanyak 122 dengan rincian reguler 104 orang, penggabungan mahram 11 orang, lansia dan pendamping 7 orang, dengan laki-laki 75 orang dan perempuan 56 orang.

“Untuk CJH termuda yakni usia 25 Tahun, Erva Halisna Binti Arafa dari Desa Horodopi, Kecamatan Benua, dan yang tertua usia 89 Tahun atas nama Lamohama Bin Langkase dari Desa Basala, Kecamatan Basala, dengan sumber mata pencaharian keduanya adalah bertani kakao,” beber Hamlin.

Sedangkan berdasarkan jumlah CJH per kecamatan, jamaah terbanyak dari Tinanggea yang berjumlah 30 orang disusul Laeya 18 orang dan Kecamatan Kolono 15 orang, sisanya tersebar merata pada 22 kecamatan se-Konsel.

Pemberangkatan jamaah, tutur Hamlin, dijadwalkan pada 23 Juli 2019 dari Bandara HO menuju embarkasi Makassar. Untuk kloter 24 dan 28 juli 2019 berangkat dari embarkasi Makassar tujuan Jeddah yang tergabung dalam kloter 30.

Seremoni pemberangkatan CJH dimulai dan ditandai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an Ust Hasanuddin, S.Pdi dari Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Konsel yang membacakan surat Ali – Imran ayat 96 s/d 97.

Turut hadir dalam seremoni pemberangkatan ini Wakil Bupati, Dr. H. Arsalim Arifin, SE., M.Si, dan Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si, serta di hadiri Kapolres Konsel, AKBP Dedi Adriyanto, Kepala Kemenag, Adnan Saufi, S.Pd.,M.Pd, anggota DPRD, Nurmantasia dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel. (A)

Terkini