oleh

13 Delegasi Sultra Memukau Diajang Event Indonesia Day 2019 di Amerika

-HEADLINE NEWS, NEWS, WISATA-204 dibaca

Reporter: M Ardiansyah R

KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengutus sejumlah perwakilan di ajang Event Indonesia Day (EID) 2019 ke 70 yang ditempatkan di San Francisco, Amerika Serikat, Minggu (15/9/2019).

Berangkat atas izin Kementerian Dalam Negeri melalui undangan, pihak Pemerintah Sultra mengutus 13 delegasinya.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Infomartika (Kominfo) Sultra, Saifullah dalam rilisnya, mengatakan, melalui undangan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) kepada Gubernur Sultra, pihak Pemerintah diminta agar mengirim delegasinya untuk mengikuti EID.

“Mengutus sejumlah perwakilan/delegasi terkait pemerintahan, serta Industri Pariwisata dan Kesenian, para delegasi diberangkatkan atas izin Kementerian Dalam Negeri, Sekretariat Negara Republik Indonesia dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia,” jelas Syaifullah, Selasa, (17/9/2019).

Kata Syaiful, 13 delegasi Sultra itu mengikuti seluruh sesi kegiatan, mulai dari Exhibition Tourism, Seminar The Next Unicorns : Past, Present, and Future of Indonesia’s Tech Ecosystem, serta penampilan Tarian Tradisional dan Pemutaran Film Pariwisata,

“Kurang lebih 12 jam full melibatkan diri dalam seluruh rangkaian kegiatan. Dan tentunya kolaborasi seluruh tim delegasi asal Sultra dibutuhkan untuk berinteraksi dengan ratusan pengunjung,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, interaksi terbuka secara tatap muka langsung melahirkan banyak diskusi terkait infrastruktur kepariwisataan di Sultra, baik pengelolaan kebijakan kepariwisataan di tingkat pemerintahan, pengembangan seni budaya hingga terkait industri pariwisata itu sendiri.

BACA JUGA:

“Disinilah para delegasi berperan total untuk meladeni banyak pertanyaan dan masukan dari ratusan pengunjung yang memadati Stand Sultra,” ujarnya.

13 delegasi Sultra yang mengikuti Event Indonesia Day 2019 di San Francisco diantaranya, Sarifuddin Safaa, (Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra), Syahruddin Nurdin, (Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik), Asrun Lio, (Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sultra ), Fahri Yamsul, (Kadis Cipta Karya, tata Ruang dan Jasa Kontruksi Pro.Sultra), Oktrisman Ballagi, (Kabid Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata Sultra), Ferry Armeinus (Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan Dinas Pariwisata Provinsi Sultra).

Disamping itu, 5 penari asal Kota Kendari, Elsa Saputri, Syafiren Dwika hartami, Dewi Amor, Suryana Mekuo, dan Anggun Lestari, 2 orang perwakilan Industri Pariwisata sekaligus praktisi pariwisata Sultra yang bersertifikasi bidang kepariwisataan yaitu, Andarias Lantang dan Ahmad Nizar. (C)