KendariKOTAKUNASIONALPENDIDIKAN

13 Kampus Terbaik di Indonesia Ikuti ‘GBPC2020’ di IAIN Kendari

568
×

13 Kampus Terbaik di Indonesia Ikuti ‘GBPC2020’ di IAIN Kendari

Sebarkan artikel ini
Peserta GenBI Bisness Plan Competision 2020 yang dilaksanakan di IAIN Kendari. Senin 2 Maret 2020 Foto : MEDIAKENDARI.com/Taswin Tahang

Reporter : Taswin Tahang

KENDARI – 13 kampus terbaik di Indonesia mengirimkan timnya untuk bertarung dalam GenBI Bisness Plan Competision 2020 (GBPC2020) yang digelar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Kegiatan berskala nasional ini digelar anggota komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sultra. GenBI sendiri adalah komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI).

Ketua Panitia GBPC2020, Misbahul Ma’ruf menjelaskan GBPC2020 diikuti 39 peserta hasil seleksi, dari 13 kampus terbaik se Indonesia, yang nantinya dibagi dalam 15 tim. GBPC2020 digelar 1 – 4 Maret 2020.

“Jadi delegasi yang datang ini merupakan saringan dari seleksi 108 tim yang mendaftar dalam kegiatan Bisness Plan Competision 2020 ini,” kata Misbahul Ma’ruf kepada MEDIAKENDARI.com Senin 2 Maret 2020.

Menurutnya, GBPC2020 bertujuan untuk merangkul mahasiswa Indonesia agar menjadi penggerak dalam peningkatan perekonomian, serta wadah komunikasi mahasiswa yang peduli dengan ekonomi Indonesia.

“Ingin menjadikan kegiatan ini sebagai wadah komunikasi antara seluruh mahasiswa di Indonesia, yang peduli kepada peningkatan prekonomian di daerah asalnya sendiri,” ungkap Misbahul.

Dijelaskannya, GBPC2020 merupakan kompetisi dalam kreatifitas ide dan produk yang diseleksi dan dipilih dari seluruh kampus di Indonesia. Dari seleksi awal dipilih 15 peserta terbaik.

“15 peserta terbaik yang lolos membawa produk olahan mereka masing-masing untuk di perlombakan pada kegiatan tetsebut,” terang Misbahul.

Ditemui MEDIAKENDARI.com, salah seorang peserta GBPC2020, Winda Puspita mahasiswi asal Universitas 11 Maret Surakarta mengaku  senang karena dirinya terpilih dan masuk dalam 15 tim terbaik yang lolos.

“Sangat senang sekali, dari kegiatan ini saya dapat bertemu dengan teman-teman seluruh Indonesia bisa bercerita tentang keunikan daerah masing-masing,” kata Winda Puspita.

Peserta lainnya yang ditemui MEDIAKENDARI.com, Fara Fadila Aziz asal Universitas 11 Maret Surakarta, Fara Fadila Aziz menuturkan, jika dirinya membawa produk kreasi bernama Pogupon.

“Untuk produk yang kami bawakan produk buble drink yang kami inovasikan dengan cita rasa khas Jawa jadi ada rempah-rempah seperti gula aren asli Jawa,” ungkap Fara Fadila Aziz.

Ke-13 kampus yang bertarung di GBPC2020 yakni Iniidea Team, Universitas Negeri Semarang, Wong Kito Galo,  Universitas Sriwijaya, Pogupon, Universitas 11 Maret Surakarta, Young Habibie, Universitas Tengku Umar Aceh.

Selanjutnya Go Up, Universitas Mataram, Pinisi, Universitas Negeri Makassar, Healty Sago, Universitas Halu Oleo, PBS Interepreneur, IAIN Kendari, Ghendis, Universitas 11 Maret Surakarta, Babess, Universitas Halu Oleo.

Selain itu, yakni Brown Ranger (RTF), Politeknik Surabaya, Buku Jamu, Universitas Negeri Malang, Seccesso, Universitas Jambi, Sang Pejuang, UIN Walisongo Semarang, Fosil, Universitas Hasanuddin

You cannot copy content of this page