NEWS

14 Eks Penumpang KM Dorolonda Asal Buteng Reaktif Covid 19

438
×

14 Eks Penumpang KM Dorolonda Asal Buteng Reaktif Covid 19

Sebarkan artikel ini
Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Buteng, dr Karyadi (tengah) saat jumpa pers di sekretariatnya, Rabu 20 Mei 2020. Foto: Syaud Al Faisal/Mediakendari.com

Reporter : Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – Sebanyak 14 eks penumpang KM Dorolonda dinyatakan reaktif covid-19, setelah tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melakukan rapid tes.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Buteng, dr Karyadi mengatakan, pihaknya telah me-rapid tes 88 eks penumpang KM Dorolonda.

“Yang sudah diperiksa itu ada 88 orang penumpang dari Sangiawambulu, Mawasangka, Mawasangka Tengah, Lakudo, Mawasangka Timur dan Talaga Raya,” kata dr Karyadi dalam konfrensi pers di Sekretariat Gugus Tugas Buteng, Rabu 20 Mei 2020.

Dijelaskannya, ke-14 eks penumpang yang dinyatakan reaktif corona berdomisili di tiga kecamatan yakni Sangiawambulu, Lakudo dan Talaga Raya.

“Sangiawambulu dari 12 yang diperiksa, 9 reaktif. Mawasangka 17 yang diperiksa semua non reaktif, Mawasangka Timur 1 yang dipersiksa hasilnya non rektif, Lakudo 28 yang diperiksa 3 reaktif, Talaga Raya 28 yang diperiksa 2 reaktif. Dari 88 yang telah di rapid tes ada 14 yang reaktif,” bebernya.

Kepala RSUD Buteng itu juga menegaskan, ke-14 eks penumpang yang reaktif corona belum dapat dikatakan positif corona karena rapid tes hanya sebagai skrining atau penyaringan awal.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi lagi kepada pihak gugus tugas Provinsi Sultra untuk melakukan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau uji Swab.

“Kita akan koordinasi dengan gugus tugas provinsi untuk dilakukan PCR atau Swab tes, kepada 14 orang yang reaktif corona tersebut,” pungkasnya.

Sekedar informasi, kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di Kabupaten Buteng mencapai 18 orang, keseluruhannya adalah eks penumpang KM Ngapulu

You cannot copy content of this page