14 Pejabat Polda Sultra Diganti

Reporter: Hendrik
Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – 14 pejabat Polda Sultra kembali diroling. Hal itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/3229/XII/2019, Nomor : ST/3232/XII/2019 dan Nomor : ST/3234/XII/2019.

Mereka yang dimutasi yakni Komandan Satuan (Dansat) Brigade Mobil (Brimob), Direktur Reserse Narkoba, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas), Kapolres Baubau, Kapolres Kolaka dan Kapolres Kolaka Utara (Kolut).

Dansat Brimob Polda Sultra berganti dari Kombes Pol Joni Afrizal Syarifuddin SIK SH MH, digantikan AKBP Adarma Sinaga SIK MHum yang sebelumnya menjabat Wadansat Jibom Pasgegana Korbrimob Polri. Sedangkan Joni Afrizal dimutasi ke Sumatra Barat dengan jabatan yang sama.

Dirresnarkoba Polda Sultra berganti dari Kombes Pol Satria Adhy Permana SIK MHum, ke AKBP M Eka Faturrahman SH SIK. Eka sebelumnya menjabat Irbid Itwasda Polda Jatim. Sementara Satria diamanahkan menjadi Kasubdit II Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

Kabid Humas Polda Sultra juga berganti, AKBP Harry Goldenhardt S SIK MSi yang sempat mengisi posisi itu, diganti AKBP Muh Nur Akbar SH SIK MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Konawe. Harry pindah ke Polda Riau masih dengan jabatan yang sama.

AKBP Hadi Winarno yang sebelumnya menjabat Kapolres Baubau, diganti AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari SH SIK. Rio sebelumnya bertugas di Polda Maluku Utara sebagai Kabag Reformasi Birokrasi. Sementara Hadi dipindahkan ke Jawa Timur sebagai Wadirsamapta.

Kapolres Kolaka dari AKBP Bambang Satriawan SH SIK MH, kepada AKBP Saiful Mustofa SIK MSi yang sebelumnya menjabat Kabagbinops Roops Polda Sultra. Bambang menempati jabatan baru sebagai Kabidpropam Polda Sultra.

Baca Juga :

Kemudian Kapolres Kolaka Utara (Kolut) berganti dari AKBP Susilo Setiawan SIK kepada AKBP I Wayan Riko Setiawan SIK MH, yang sebeumnya menjabat sebagai Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Kepulaun Bangka Belitung. Susilo menjabat sebagi Kapolres Konawe.

Kepala Subbidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (Kasubid-PID) Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh saat dikonfirmasi mediakendari.com, membenarkan mutasi itu.

“Mutasi ini hal yang biasa terjadi. Ini bagian dari pengembangan karir bagi personel Polri,” ujar Dolfi .

Selain itu, ada 2 Polres baru terbentuk yakni Polres Buton Utara (Butur) dan Polres Konawe Utara (Konut). Dua nama sudah disiapkan untuk Polres baru itu yakni AKBP Wasis Santoso SIK di Buton Utara dan AKBP Achmad Fathul Ulum SIK di Konawe Utara.

Wasis Santoso sebelumnya menjabat Paspelopor Korbrimob Polri. Sedangkan Achmad Fathul Kabagdalpers Polda Sultra. (B)