oleh

156 TKA Tiba di Bandara Haluoleo, Ketua DPRD Sultra Langsung Cek Visa

-NEWS-117 dibaca

Reporter: Muh. Ardiansyah R.

KENDARI – Ketua DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdurrahman Shaleh (ARS) memastikan keabsahaan dokumen 156 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang tiba di Bandara Halu Oleo, Selasa 23 Juni 2020, pukul 20.50 Wita.

Menurut ARD, dirinya ingin memastikan legalitas dokumen 156 TKA asal China, khsususnya visa yang digunakan apakah sudah sesuai prosedur dan sesuai status tenaga ahli.

“Kami mencoba melihat 156 TKA yang baru datang, kami masih memastikan keahlian-keahlian dengan mengecek dokumen mereka,” tegas ARS.

Ketua DPW PAN Sultra ini juga menjelaskan, ratusan TKA didampingin 4 penerjemah berangkat dari China dan melalui Malaysia selanjutnya transit di Bandara Samratulangi, Sulawesi Utara, Kota Manado setelah itu ke Kota Kendari.

“Dari sampel yang ada TKA ini, dari 156 TKA ini memakai Visa 312, selanjutnya pihak Imigrasi akan menanganinya secara tuntas,” jelas ARS.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Kendari, Hajar Aswad mengatakan sebelum bekerja sebagai teknisi ahli di perusahaan PT. VDNI dan PT OSS di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, TKA akan dikarantina.

Proses karantina dilakukan selama 14 hari untuk memastikan lebih jelasnya. Dan dalam 15 hari kedepan, pihaknya akan terjun untuk meninjau para TKA tersebut.

“Selama 14 hari kedepan keseluruhan TKA yang tiba akan dikarantina menggunakan standar protokol Covid-19,” jelas Hajar Aswad.

Terkini