16 Kepala Puskesmas di Kolut Dapat Motor Dinas

Reporter : Pendi

Editor : Indah

Kolut : Sebanyak 16 kepala Puskesmas di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menerima bantuan kendaraan operasional dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolut. Total, ada 45 unit motor yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabup) Kolut, H. Abbas, SE, di rumah jabatannya, Jumat 12 Juni 2020.

 Abbas mengatakan, tercapainya derajat kesehatan yang baik di suatu daerah, tidak lepas dari peran pemerintah dan petugas kesehatan ditunjang sarana prasarana yang memadai. Karena itu, Pemkab memberikan bantuan kendaraan operasional pada 16 kepala Puskesmas dan petugas kesehatan, dengan tujuan untuk memudahkan mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Jadi kendaraan dinas ini kita berikan, agar memudahkan petugas kesehatan saat mengunjungi masyarakat di suatu wilayah,” katanya.

Menurut Abbas, ada dua jenis motor yang diberikan yakni jenis matic dan trail. Kalau matic digunakan di daerah yang medannya mulus, maka trail digunakan di daerah yang medannya sulit untuk dijangkau seperti daerah.

“Semoga dengan fasilitas ini, para petugas kita akan maksimal dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Kolut,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, Irham, S.Km, menjelaskan, selain kepala Puskesmas dan petugas kesehatan di 16 Puskesmas yang dapat kendaraan operasional, petugas di bidang farmasi Dinkes, juga mendapat fasilitas tersebut.

Rinciannya, 40 unit motor matic dan 5 unit motor trail. Anggaran pengadaan kendaraan dinas tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020. Menurut Irham, pengadaan itu, merupakan program Dinkes Kolut dalam mengoptimalkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada sektor kesehatan masyarakat. Tujuannya, agar petugas kesehatan dapat menjangkau dan mendatangi rumah tiap warga.

“Tiap kepala Puskesmas juga dapat kendaraan itu, untuk memudahkan mereka dalam memantau di wilayah kerja masing-masing,” tandasnya.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total