oleh

160 OTG Eks Penumpang Ngapulu di Buteng Jalani Rapid Tes, Ini Hasilnya

Reporter: Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – 160 Orang Tanpa Gejala (OTG) eks penumpang KM Ngapulu di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) telah di rapid tes, hasilnya 24 diantaranya reaktif corona.

Juru Bicara Covid 19 Buteng, dr Kariadi mengatakan pihaknya melakukan rapid tes ke 160 OTG di Buteng sebanyak dua kali tes rapid karena kekurangan alat rapid tes.

Pramuka

“Tahap pertama, hanya mampu tes sebanyak 109 OTG, 16 diantaranya reaktif corona. Tahap kedua sebanyak 51 OTG yang dirapid, 8 reaktif. Jadi totalnya 24 OTG reaktif corona,” tuturnya saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa 12 Mei 2020.

dr Kariadi menjelasnya 24 OTG yang reaktif melalui rapid tes belum dapat dikatakan positif corona, karena rapid tes hanya sebagai skrining atau penyaringan awal. Jadi hasil swab lah yang bisa mendiagnosis seseorang yang terinfeksi covid 19.

“Sabtu kemarin, pihak gugus provinsi sudah melakukan swab ke 24 OTG reaktif, sisa menunggu hasil tesnya dari Makassar,” jelasnya.

Untuk 24 OTG reaktif itu tersebar di 4 kecamatan, lanjut dr Kariadi, yakni Kecamatan Mawasangka 4 orang, Kecamatan Mawasangka Tengah 16 orang Kecamatan Timur 2 orang dan Kecamatan Gu 2 orang.

“Kami harap hasil swab ke 24 OTG itu nanti negatif tapi kita tetap siaga,” tandasnya.

Untuk diketahui, status Buteng masih seperti biasanya, Orang Dalam Pantauan (ODP) 8, Pasien Dalam Perawatan (PDP) kosong dan Orang Tanpa Gejala (OTG) 160.

Terkini