Daerah

161 Warga Buteng Eks Penumpang Lambelu Dikarantina, Satu Orang Demam

307
×

161 Warga Buteng Eks Penumpang Lambelu Dikarantina, Satu Orang Demam

Sebarkan artikel ini
Kadinkes Buteng, Kasman saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 13 April 2020. Foto: Syaud Al Faisal/Mediakendari.com

Repoter: Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – 161 warga Kabupaten Buton Tengah eks penumpang KM Lambelu yang tiba di Pelabuhan Murhum Baubau, 6 April 2020 lalu tengah menjalani karantina, satu warga dilaporkan alami demam.

“Besok (hari ini) kami rapid test,” kata Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah, Kasman saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 13 April 2020.

Mereka kata dia, diawasi ketat dengan bantuan kepala desa, kepolisian dan TNI. Karantina 161 penumpang itu tersebar di sejumlah puskesmas, terbanyak di Puskesmas Mawasangka, 64 orang.

Kemudian, Puskesmas Watorumbe Bata tiga orang, Wadiabero satu, Wamolo 10, Talaga Raya satu, One Waara dua dan Mawasangka timur 13 orang.

Selain itu, Kasman mengatakan harusnya pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk semua penumpang yang dikarantina, namun ada 20 alat rapid tes.

Jadi untuk mengantisipasinya pihaknya hanya memakai kepada seseorang yang telah sakit misalnya demam saat masa karantina berjalan.

“Rapid test kami punya 20 buah, dengan prosedur pemeriksaan rapid tes mengambil sampel darah dan pemakaiannya hanya satu kali pemakaian,” pungkasnya. (B)

You cannot copy content of this page