oleh

191 Pendaftar CPNS di Konkep, Gugur Diseleksi Berkas

LANGARA – Ambisi ratusan orang pendaftar untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra), harus kandas pada seleksi berkas sebelum mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pasalnya, sekitar 2 ribu lebih pendaftar CPNS di Konkep hanya 1.916 orang yang dinyatakan lolos berkas.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Konkep, Mirdan menuturkan, sebanyak 2 ribu lebih pendaftar CPNs di Konkep. Namun, setelah dilakukan verefikasi berkas hanya 1.916 yang dinyatakan lolos berkas. “Sementara 191 orang dinyatakan gugur diseleksi berkas,” terang Mirdan, Selasa (23/10/2018).

Dikatakannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan 191 orang tersebut tidak lolos berkas dikarenakan Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK), tidak mencapai standar. Dari 191 orang itu yang tidak lolos berkas 90% berlatar belakang keguruan. Dan kebanyankan alumni Universitas Terbuka (UT) dengan nilai IPK dibawah 2,5.

“Untuk pendaftar yang dinyatakan lolos berkas tinggal menunggu kartu peserta dan selanjutnya akan mengikuti selesksi SKD. Dan untuk kapan waktu pelaksanaan tes-nya kami masih menunggu intruksi dari Badan Kepegawainan Negara,” katanya.

Mirdan menambahkan, rencana tes seleksi SKD untuk CPNS Konkep akan dilaksanakan di Kota Kendari, dengan alasan fasilitas di Konkep untuk menggelar tes belum memadai. “Rencananya pelamar CPNS Konkep akan tes di gedung UPT BKN Kendari, dan Aula Pemerintah Kota Kendari. Tapi waktu pelaksanaannya masih menunggu intruksi dari pusat,” tutupnya. (a)

Reporter : Ajad Sudrajad


Terkini