FEATUREDKONAWE UTARASULTRA

Agar Ahli Kelola Anggaran, 70 Peserta Ikuti Pelatihan BUMdes dan KPMD

464
×

Agar Ahli Kelola Anggaran, 70 Peserta Ikuti Pelatihan BUMdes dan KPMD

Sebarkan artikel ini

LASUSUA – Sebanyak 30 peserta Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dan 40 Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pelatihan di salah satu hotel ternama di Lasusua, yang dimotori dari Balai Pelatihan dan Pengembangan, Pendidikan, Penelitian dan Impormasi, Makassar di bawah naungan Kementrian Desa (Kemendes), selama lima hari, Rabu (21/3/2018).

Kepala Balai Pelatihan Makassar, Sumardi melalui Staf Tata Usaha, Amir menjelaskan, dalam Pelatihan BUMdes dan KPMD di kolut tersebut merupakan sistem bertahap di Tahun 2018, sebagai program Pemerintah Pusat pihaknya melakukan pelatihan kepada kader KPMD dan Ketua BUMdes.

“Kalau peserta BUMdes, tiap desa sebanyak tiga orang, begitu juga Kader KPMD untuk melakukan pelatihan cara pengelolaan bagaimana cara memanajemen pengunaan anggaran khususnya BUMdes, karena anggaran BUMdes melekat di Dana Desa (DD) itu bagaimana mensejahterakan masyarakat desa melalui BUMdes ini,” ungkap Amir di tempat pelatihan.

BACA JUGA: Pemilihan Ketua BumDes Diduga Cacat Prosedural, Kantor Desa Lohia Dikepung Massa

Menurutnya, dalam pelatihan tersebut, bagaimana BUMdes di setiap desa berhasil karena sesuai dengan Nawa cita Menteri Desa yaitu Bumdes, Sarana Olah Raga Desa, Embun Desa dan KPMD.

“Karena program ini baru, maka sistem programnya juga baru, sehingga kami dipercayakan dari Kementerian Desa karena balai ini membawahi wilayah Indosesia Timur, sehingga balai ini dipercayakan untuk melakukan pelatihan kepada kader KPMD dan pengurus BUMdes di wilayah ini,” tutupnya.

Reporter: Bahar
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page