Partisipasi Pemilih Pilkada Baubau Meningkat

0

BAUBAU – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih, di salah satu hotel Kota Baubau, Jumat (13/4/2018).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muchtar mengatakan, peningkatan partisipasi pemilih bukan hanya tugas Pemkot dan penyenggara Pilkada, namun semua elemen masyarakat harus berperan.

“Ini bukan hanya tugas pemerintah dan penyelengara, tapi tugas seluruh elemen masyarakat. Karena itu, marilah kita menghimpun dan mengajak agar muncul kesadaran dalam memanfaatkan hak pilihnya,” ucap Roni dalam sambutannya.

Kata dia, memilih itu adalah hak, maka rugilah apabila masyarakat tidak memanfaatkan haknya. Dirinya mengimbau seperti itu dikarenakan perhelatan Pilkada tahun ini termasuk Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Baubau.

BACA JUGA: Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Koltim Gelar ‘Ngobrol Pemilu’ Terbuka

“Kami himbau agar ada peningkatan pemilih karena untuk mendapatkan pimpinan daerah yang berkualitas, layak, rasional dan bisa memimpin kita semua untuk mengembangkan daerah kita kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Baubau, Laode Maulana Gafur menuturkan, dirinya berharap masyarakat tidak golput pada Pilwali maupun Pilgub.

“Karena itu kami sebagai Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang mempunyai tugas salah satu adalah untuk memberikan pemahaman agar partisipasi pemilih masyarakat Kota Baubau mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya yang hanya mencapai angka 51 persen lebih,” tandasnya.


Reporter: Ardilan
Editor: Kardin

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.