210 Warga Wakatobi Ikut Diklat Pelayaran ke Makassar

0

WAKATOBI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Perhubungan mengikutkan sebanyak 210 peserta untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayaran di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Diklat tersebut merupakan kerjasama yang tertuang dalam kesepakatan bersama (MoU) antara Direktur Politeknik Ilmu Pelayanan (PIP) Makassar dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Wakatobi dengan Nomor: HK.201/1/1/PIP.MKS-2018 dan Nomor: 550/46/III/2018 tentang Diklat Keterampilan Pelaut.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Wakatobi, Hariadin mengungkapkan, dari 210 peserta pemberangkatan dibagi menjadi dua kelompok yaitu gelombang I dan II.

BACA JUGA: Kemenhub Butuh 500 Orang Sultra untuk Ikut Diklat Keterampilan Pelaut di PIP Makassar

“Gelombang I terbagi dua kelompok terbang (kloter) yaitu kloter I Via Kendari sebanyak 55 orang dan Kloter II melalui Via Matahora Airport sebanyak 50 orang demikian sebaliknya dengan Gelombang ke II,” ungkap Hariadin, Senin (6/42018).

Untuk Gelombang I telah diberangkatkan pada tanggal 12 April 2018 dan Gelombang II pada tanggal 18 April 2018 mendatang.

Adapun jenis pelatihan yang akan diikuti adalah Basic Saffety Training (BST), Advince Fire Fighting (AFF), Seccurty Awarness Training (SAT) bakal menjadi syarat minimal untuk mendapatkan buku pelaut dan dapat bekerja di atas kapal yang berlaku Internasional.

“Diklat keterampilan pelaut tersebut diadakan selama 15 hari,” pungkasnya.


Reporter: Syaiful
Editor: Kardin

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.