Survei Indo Barometer di Pilbup Konawe, Paslon KSK-GTS Capai Dukungan Tertinggi 62,4 Persen

350
Pilbup
Kehadiran Pasangan Nomor Urut 4 Pada Debat Publik Pilkada Kabupaten Konawe. Foto: Hendriansyah

KENDARI – Indo Barometer dalam rilis yang dipublikasikan pada hari Senin (14 Mei 2018), beberkan persentase dukungan untuk calon Bupati Konawe masing-masing adalah Kery Saiful Konggoasa memperoleh dukungan 62.4 persen, Irawan Laliasa sebanyak 14.5 persen, Litanto sebanyak 14.3 persen, dan Muliati Saiman 3.6 persen.

Sedangkan sisanya, sebanyak 5,2 persen masih merahasiakan, belum memutuskan dan belum tahu siapa yang akan dipilih pada hari pelaksanaan pilkada serentak 27 Juni 2018.

Menurut peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli bahwa survei di Kabupaten Konawe dilaksanakan pada 9 – 16 Maret 2018 dengan jumlah responden 420 orang berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Dsampaikan, bahwa metode penarikan sampel yang digunakan pada penelitian itu adalah multistage random sampling.

BACA JUGA: Ini Program Kerja Pasangan KSK-GTS Ketika Terpilih Jadi Bupati dan Wakil Bupati Konawe

Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner sendiri. Margin error sebesar ± 4.78%, pada tingkat kepercayaan 95%.

“Maksud dan tujuan survei untuk melihat permasalahan di Konawe, peta politik termasuk peluang calon Bupati 2018,” jelas Hadi.

Dari sejumlah indikator yang diajukan kepada responden, rata-rata diungguli oleh Kery Saiful Konggoasa selaku petahana (incumbent).

Misalnya pada pertanyaan terbuka yang sifatnya spontan, soal siapa calon bupati pilihannya, yang menjawab Kery Saiful Konggoasa sebanyak 41.9 persen, disusul Litanto sebanyak 10.0 persen, Irawan Laliasa sebesar 8.1 persen, Muliati Saiman sebanyak 1.9 persen.

 Sementara nama calon lainnya masing-masing di bawah 1 persen, pemilih yang menyatakan tidak tahu atau tidak jawab sebesar 36.2 persen.

Bukan hanya itu, survei juga mengungkap, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kery Saiful Konggoasa sebagai Bupati Kabupaten Konawe sebesar 75.7 persen.

Sedangkan tingkat ketidakpuasan sebanyak 22.6 persen, dan menjawab tidak tahu atau tidak menjawab hanya 1.7 persen.

“Angka tingkat kepuasan terhadap Bupati tergolong tinggi, karena mencapai 70 persen,” jelas Hadi dalam rilis tersebut.


Redaksi

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.