Forkonas Terus Perjuangkan Pemekaran Konawe Timur

145
Ridwansyah taridala sekertaris tim panitia pemekaran Konawe Timur, (Foto : Erlin, Mediakendari.com)

ANDOOLO – Pemekaran calon daerah persiapan otonomi baru Kabupaten Konawe Timur dari wilayah induk daerah Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih terus diperjuangkan oleh tim panitia percepatan pemekaran daerah itu.

Seperti dikatakan oleh Ridwansyah Taridala, Sekretaris tim panitia percepatan pemekaran Konawe Timur, pihaknya terus melakukan upaya ke pemerintah pusat untuk segera mengeluarkan keputusan.

“Kita sekarang berjuang bersama teman-teman pejuang daerah pemekaran yang ada di seluruh Indonesia, dipusat kita bentuk organanisasi yang diprakrsai oleh anggota tim pemekaran Konawe Timur disebut Forum Komunikasi Nasional (FORKONAS),” kata Ridwansyah usai menggelar buka puasa bersama dikediamanya, Sabtu (10/6/2018).

Pejabat kepala badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari ini menambahkan, untuk wilayah Konawe Timur sendiri berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 78 tahun 2007 telah memenuhi persyaratan.

Persyaratan tersebut kata Ridwansyah sudah dipenuhi baik dari segi administrasi, wilayah, jumlah penduduk hingga infrastruktur yang ada, namun pihak panitia masih terus menunggu moratorium pemerintah pusat.

“Tapi PP ini tidak cukup untuk menjadi dasar rujukan kita sekarang untuk mekar, karena kita menunggu PP yang baru No 23 tahun 2014 keluar, PP ini yang kita tunggu sampai hari ini. Tentang penataan daerah, kalau ini disahkan presiden disitu sudah bisa kita tau apa kekuranganya, tetapi insha Allah kita memenuhi syarat,” tegasnya.

Ridwan menuturkan, strategi yang dilakukan saat ini untuk mendapatkan keputusan pemerintah pusat segera mengeluarkan PP tersebut. Dengan membentuk organisasi FORKORNAS disetiap wilayah agar lebih solid melakukan pergerakan dalam mendesak pemerintah.

“Kita terus mendorong teman pengurus diseluruh indonesia. Sampai hari ini data kita ada 174 CDOB. Kita dari tim Konawe Timur prakarsai kita bentuk di Jakarta dan saya sendiri yang lantik di gedung Nusantara IV dihadiri ketua MPR RI saat itu, hal itu kita lakukan, kita berharap dengan menyatunya seluruh pejuang daerah di Indonesia bisa segera ada angin segar dari pemerintah,” Jelasnya.

Reporter : Erlin

Editor : Hendriansyah

LEAVE A REPLY