Wisuda Khatam Al-Qur’an TPA Al-Barqi, Nurlin Surunuddin Salurkan Bantuan Perlengkapan Sholat kepada 53 Santri

11
Ketua TP-PPK Konsel Hj. Nurli Surunuddin, (Foto: Istimewa)

MORAMO UTARA – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Hj. Nurlin Surunuddin, SH bersama Ketua DPRD Irham Kalenggo, S.Sos.M.Si menghadiri kegiatan Wisuda Khatam Al-Qur’an di Taman Pengajian Al-Qur’an (TPA) Al-Barqi di Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara (Morut) di dampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Konsel Hj. Ariaty Sjarif, SKM, Camat Morut Muhardin, S.Pd.,MAP dan Kabag Kesra Hamlin S Ode Maka, S.Pd, Minggu (5/8/2018) Malam.

Pada kegiatan Wisuda Khatam Al-Qur’an tersebut, Ketua TP-PKK Konsel Hj. Nurlin Surunuddin menyerahkan bantuan kepada 53 Santri TPA Al-Barqi berupa satu set perlengkapan alat Sholat.

Dalam sambutannya usai penyerahan bantuan, Nurlin Surunuddin menyampaikan apresiasinya serta terima kasih kepada pengasuh TPA Al-Barqi karena dapat menyelenggarakan salah satu kegiatan keagamaan secara mandiri dan sukses, yang mana diantara para peserta Wisuda Khatam Al-Qur’an ada beberapa kader PKK.

“Saya selaku Ketua TP-PKK juga merasa bangga kepada TPA ini, terkhusus kepada ibu-ibu kader PKK Konsel walaupun di usia sudah tua dengan segala kesibukannya tidak menjadi penghalang untuk terus belajar membaca Al-Qur’an, dengan harapan ilmu yang telah dimiliki dapat dimamfaatkan dikemudian hari, dan berharap TPA ini terus tenerus melaksanakan kegiatan ini terutama terhadap ibu rumah tangga karena mereka memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan karena merupakan sosok guru pertama sebelum seorang anak mengenyam dunia pendidikan Formal,” tutur Nurlin.

Kegiatan Ini juga sejalan dengan program kerja TP PKK dan BKMT Konsel, kata Nurlin, yakni dalam bidang pendidikan agama seperti ini, khususnya pendidikan Agama Islam yang merupakan unsur penting dan salah satu tujuan pendidikan nasional, sehingga kedepan kami akan memberikan perhatian serius kepada TPA se-Konsel dengan memberika Reward berupa Umrah yang menyelenggarakan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an, dan akan memprioritaskan pembentukan kelompok pengajian kader-kader PKK agar kegiatan seperti ini bisa lebih terarah dan terkoordinir dengan baik.

“Jadi selamat kepada alumni yang baru saja mengkhatamkan Qur’annya, pesan saya agar selalu rendah hati dan marilah kita bersama-sama mendukung program kerja pembangunan Pemerintah Daerah yang kita cintai ini dalam rangka mewujudkan masyarakat Konsel yang religius, amanah dan sejahtera,” pungkasnya.

Sedangkan dalam arahannya, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada pengasuh TPA karena telah menginisiasi kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an ini hingga acara wisuda pada malam hari ini yang dapat berjalan dengan baik dan lancar walaupun dengan dana terbatas.

“Saya juga ikut terenyuh, karena biasanya peserta TPA identik dengan anak-anak, tapi kali ini kita saksikan bersama banyak orang dewasa yang ikut ambil bagian, dan sesuai laporan pengasuh baru kali ini Wisuda diadakan begitu ramai dan meriah setelah 4 tahun berjalan, itupun karena ada perhatian lebih dari Pemda dan di dukung oleh Ketua TP-PKK, sehingga perlu kita berikan apresiasi juga kepada Pemda dan Ketua TP PKK Konsel yang telah memberi perhatian kepada TPA ini, dan kita berharap terus berlanjut dan kegiatan kedepan bisa lebih baik lagi,” ucap Irham

Lebih jauh Irham mengatakan melalui kesempatan inilah, dirinya menantang Pemda melalui Kabag Kesra agar membuat satu terobosan dalam mengembangkan kegiatan serupa, dan bisa dibumingkan di seantero Konsel yang kita mulai dari TPA Wawatu ini dengan memberikan semacam nilai penghargaan, salah satu contohnya memberikan honor kepada guru ngaji atau lainnya dengan harapan pemahaman ajaran Islam bisa di tingkatkan, dengan harapan pembinaan umat bisa lebih baik untuk menguatkan karakter iman kita dan menghindarkan dari perbuatan tercela sehingga tercipta masyarakat yang beriman dan bertaqwa dengan suasana yang kondusif.

“Dan, kami bersama pemda akan terus mengampanyekan kegiatan TPA ini secara masif dengan memberi perhatian lebih pada setiap pembahasan anggaran dengan prioritas alokasi di bidang pembinaan umat, termasuk menambah kuota Umroh para imam Desa dan Kecamatan dan guru ngaji yang sebelumnya Bupati sudah janjikan dan sudah di tunaikan dari 30-50 orang/Tahun, kami legislatif akan tambah hingga 70 orang/Tahun,” pintanya.

Sementara itu dalam pemaparannya, Pengasuh TPA Al-Barqi, Punardin, S.Ag menyampaikan bahwa TPA nya pada Tahun 2018 ini sudah memasuki tahun keempat, yang didirikan pada tahun 2013 tepatnya 5 Ramadhan yang mana pada angkatan pertama di Tahun 2014 telah mengkhatamkan 13 orang, 2015 sebanyak 33 0rang, 2016 sebanyak 43 orang, dan wisuda khatam kali ini atau angkatan ke empat sebanyak 53 orang dengan rincian 23 anak-anak dan dari Majelis Taklim 30 orang yakni 3 pria dan 27 perempuan, dan saat ini saat ini yg masih belajar ada 33 orang 23 orang Iqra dan 10 orang sudah masuk Al-Qur’an serta masih banyak pendaftar lainnya.

Melalui kesempatan ini juga, lanjut Punardin, Saya menyampaikan terima kasih Kepada Pemda dan Ketua TP PKK Konsel serta pihak terkait karena telah membantu menyelenggarakan kegiatan ini begitu meriah, yang mana tiga angkatan sebelumnya kami lakukan hanya dengan acara sederhana saja dan tidak seramai dan semeriah malam ini.

“Harapan kami kepada Pemda agar TPA-TPA setiap Desa di kembangkan, khususnya pemberian dan penambahan insentif guru mengaji di TPA kami, apalagi seperti kita ketahui Bupati sangat serius dan intens mengembangkan kegiatan keagamaan, karena dengan penanaman agama sejak usia dini melalui baca Al-qur’an dapat dijadikan pedoman hidup yang dapat mencegah dan mengantisipasi perilaku negatif,” tutur Punardin. (b)


Reporter: Erlin
Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.