FEATUREDKONAWE SELATAN

Peringatan HAN 2018 di Konsel Bersaman dengan Pembukaan Porseni Tingkat Kabupaten

431
×

Peringatan HAN 2018 di Konsel Bersaman dengan Pembukaan Porseni Tingkat Kabupaten

Sebarkan artikel ini

ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) peringati Hari Anak Nasional (HAN) yang di buka oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM di dampingi Wabup Dr. H. Arsalim Arifin, SE., M.Si, Sekda Ir. H. Sjarif Sajang, M.Si bertempat di Stadion Lababa Silondae, Jumat (10/8/2018).

Dimana, Peringatan HAN Tahun 2018 secara nasional mengambil Tema “GENIUS” Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat, yang di rangkaikan dengan pembukaan kegiatan Porseni Tingkat Kabupaten Konsel dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI  ke 73 yang di ikuti oleh seluruh TK/PAUD, SMP, dan OPD Lingkup Pemda se-Konsel.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga menyampaikan selamat memperingati HAN kepada seluruh anak-anak yang berada di seluruh pelosok wilayah Konsel, Ini membuktikan bahwa pemerintah sangat peduli terhadap anak-anak bangsa yang merupakan generasi genius, bermartabat, dan budi pekerti luhur cerdas serta berkepribadian yang juga sebagai harapan kita sebagai penerus perjuangan bangsa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua, tenaga pendidik yang tiada henti-hentinya memberikan arahan dan bimbingan kepada anak-anak kita sehingga tumbuh dan berkembang menjadi anak harapan bangsa,” tutur Surunuddin.

Yang mana sesuai amanat UU 1945, kata Surunuddin, bahwa setiap anak memiliki hak untuk kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta hak untuk mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi, disamping itu anak memiliki hak memperoleh standar kesehatan dan perawatan sebaik-baiknya serta hak berpartisipasi dan menyatakan pendapat.

Oleh karena itu, lanjut Surunuddin, salah satu rangkaian acaranya adalah mendengarkan suara anak Indonesia, yang mana Pemda Konsel juga siap mendengar apa kata dan keinginan mereka untuk kita serap dan laksanakan, sehingga kita sebagai orang tua mari berikan kesempatan kepada anak kita untuk mengisi masanya dengan suka cita dan kesempatan berekpresi dalam mencari jati diri dan penuhi hak-hak mereka.

“Dan kepada anak-anakku sekalian saya menitipkan harapan agar belajar lebih sungguh2, dengarkan nasehat orang tua dan guru kalian, dan yang terpenting jangan terpengaruh kepada hal yang sifatnya negatif seperti narkoba, tawuran atau kegiatan2 yang dapat merugikan diri sendiri dan masa depan kalian,” jelasnya.

Lanjutnya, sebanyak 106.580 jiwa anak di Konsel merupakan salah satu asset termahal yang juga kekuatan dan harapan besar bagi, karena mereka inilah generasi pemegang estafet pelanjut cita cita bangsa.

“Jadi saya himbau kepada OPD yang terkait dengan pendidikan agar kiranya ada prioritas khusus bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan, sarana, dan prasarana pendukung lainnya serta layani hak-hak mereka, dan akhirnya sekali lagi selamat HAN, berbanggalah anak anak sekalian, karena pemerintah memberikan ruang dan waktu untuk dimamfaatkan sebagai hari memperingati hari anak-anak Indonesia yang menjadikan sebagai anak harapan bangsa,” pungkasnya.

Sedangkan dalam laporan penanggung jawab kegiatan HAN dan Porseni Tingkat Kabupaten Konsel, Asisten Satu Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ir. H. Agusalim, M.Si mengatakan bahwa adapun jenis kegiatan yang di perlombakan adalah Olaharaga Bulu Tangkis,  Tenes Meja, Bola Gotong antar OPD, dan Vocal Grup Tingkat SMP, Musik Bambu Tingkat SD, Lomba Baca Puisi Tingkat Taman Kanak-Kanak ( TK), Lomba Putri Tenun Tinhkat Dewasa 2018 yang di harapkan menjadi pemandu wisata Konsel.

Untuk diketahu bersama, pada kesempatan tersebut, Bupati Konsel menandatangani prasasti pencanangan sebagai Kabupaten layak anak dan prasasti Gedung Rumah Singgah Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak.(a)


Reporter : Erlin

You cannot copy content of this page