NEWS

Gubernur Sultra Resmi Membuka Pameran Pembangunan HUT Sultra ke-59 di Koltim

1426
×

Gubernur Sultra Resmi Membuka Pameran Pembangunan HUT Sultra ke-59 di Koltim

Sebarkan artikel ini

KOLTIM, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi resmi membuka pameran pembangunan hari ulang tahun (HUT) Sultra ke-59 di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Kolaka Timur (Koltim), Malam (Rabu, 10 Mei 2023).

Pada momen tersebut turut diluncurkan juga gerakan nasional Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2023.

Sambutan Plt. Bupati Koltim, Abdul Azis menyampaikan, pemerintah Kabupaten Koltim dipercaya menjadi tuan rumah Halo Sultra dalam pameran pembangunan dalam rangka HUT Prov.Sultra yang ke-59 Tahun.

Menurutnya, hari ini merupakan hari yang bersejarah pada pameran pembangunan atau Halo Sultra kembali dilaksanakan di Kabupaten Koltim. Dirinya berharap kesempatan menjadi tuan rumah Halo Sultra memberikan kebaikan buat seluruh masyarakat terkhusus di Kabupaten Koltim

“Saya mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Koltim untuk mensukseskan Halo Sultra ini. Mari kita buktikan bahwa Kabupaten Koltim merupakan rumah yang nyaman dan memiliki aset yang terbesar yaitu aset persatuan, aset persaudaraan dan aset keragaman,” tutur Plt Bupati Koltim Abdul Aziz.

Oleh karna itu, lanjutnya, patut berbangga kita di berikan penghargaan yang tulus atas jasa pengabdian kita, kiprahnya pengabdian dan hasil kerja keras yang diberikan Sulawesi Tenggara memberikan sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita dan pemerintah kita.

”Sehingga ditambah lagi bantuan rumah ibadah, bantuan pertanian yaitu alsinta dan pupuk lainnya,” terang Abdul Aziz.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini dalam sambutannya menjelaskan, dalam kegiatan Kick Off dan gerakan nasional BBI dan BBWI yang disandingkan dengan Dirgahayu ke-59 Provinsi Sultra.

Gernas BBI diluncurkan Presiden RI Joko Widodo sebagai bentuk respon terhadap menurunnya Covid-19, pada awal tahun 2020 dimulai untuk menciptakan dan mendorong brending produk lokal unggul.

”Sehingga menciptakan industri, kreatif dan inovasi untuk pasar yang lebih besar, gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) ini merupakan gerakan bersama pemerintah, pelaku usaha, masyarakat mencintai produk dalam negeri,” kata Harlina Sulistyorini.

Dikesempatan tersebut, Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya menjelaskan, pameran daerah, telah menjadi tradisi tahunan di daerah kita. Pada setiap momentum peringatan HUT daerah.

”Hal ini bertujuan, tidak hanya untuk menunjukkan capaian hasil kerja kita dalam setahun terakhir, tetapi juga dalam rangka mempromosikan produk-produk UMKM dan berbagai potensi unggulan daerah Sultra sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terang Ali Mazi.

Dirinya juga menyebut, pelaksanaan kampanye Gernas BBI/BBWI di Sultra, sesungguhnya menandakan bahwa daerah Sultra yang terdiri dari daratan dan lautan atau kepulauan memiliki potensi yang besar, lahirnya produk unggulan dalam negeri yang dapat menjadi kebanggaan bangsa.

Orang nomor satu di Sultra ini menyebut, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan dukungan berbagai pihak siap menyukseskan Germas BBI/BBWI di Sultra, karena sejalan dengan salah satu isu strategis pembangunan daerah Sultra.

Isu tersebut yakni pertumbuhan ekonomi daerah, melalui tranformasi ekonomi pada sektor pariwisata, peningkatan produk dan produktivitas sektor pertanian, hilirisasi pertambangan dan program padat karya untuk menyerap tenaga kerja.

Selain itu, memaksimalkan program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DM), utamanya produk-produk Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Sultra untuk peningkatan ekonomi dan kemajuan.

”Semoga setelah pelaksanaan Kick Off ini, kita semua dapat bekerja lebih keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan, baik dalam menciptakan produk-produk unggulan,” harapnya.

Usai memberikan sambuta, Gubernur Sultra, Ali Mazi secara simbolis dengan pemukulan gong secara resmi membuka Pameran Pembangunan HUT Sultra ke 59, didampingi Sekda Sultra, Plt.Bupati Koltim dan pejabat terkait.

Hadir dalam pembukaan pameran tersebut, Anggota Forkopimda Sultra, Sekretaris Daerah Sultra Asrun Lio, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Harlina Sulistyorini beserta rombongan.

Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Hermin Esti Setyowati, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sultra Doni Septa Dijaya, Direktur Musik, Film dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Amin, Bupati/Walikota se-Sultra, Kepala OPD Lingkup Sultra,Ketua Dharmawanita Prov. Sultra dan pejabat terkait.

You cannot copy content of this page