Ini Penyebab Munculnya Ribuan Pemilih Ganda di Kendari

0

KENDARI – Banyaknya Daftrar Pemilih Tetap (DPT) ganda yang ditemukan di Kendari membuat KPU Kota mengambil langkah perbaikan data.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh menuturkan, walau hasil DPT telah ditetapkan, namun dengan terdapatnya jumlah pemilih ganda sebanyak 1.475 membuat pihaknya harus mengadakan Rapat Pleno rekapitulasi dan penetapan DPT hasil perbaikan Pemilu 2019.

Dari identifikasi KPU kata Jumwal, terdapatnya pemilih ganda disebabkan karena adanya penginputan pemilihan tambahan Pilgub lalu yang waktunya berdekatan dengan agenda pleno di tingkat PPS untuk pemilih Pemilu 2019.

“Memang waktunya itu sangat mepet, jadi tidak sempat diinput kembali,” ujar Jumwal disela-sela rapat pleno penetapan DPT perbaikan, Kamis (13/9/2018).

Jumwal juga mengungkapkan, banyaknya data pemilih ganda di Kendari terbanyak didapat di dalam wilayah Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

“Dua tempat itu memang banyak data ganda,” ungkapnya.

“Rutan dan Lapas ini kan tidak ditau, waktu didata belum ditahan, jadi pas ditahan didata ulang lagi. Makanya terjadi ganda,” terangnya.(a)


Reporter: Kardin

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.