FEATUREDWAKATOBI

Luar Biasa, Usaha Mikro Kecil di Wakatobi Tembus Angka 75%

375
×

Luar Biasa, Usaha Mikro Kecil di Wakatobi Tembus Angka 75%

Sebarkan artikel ini

WAKATOBI – Untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kesenjangan ekonomi, Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (KUMKM) melakukan pelatihan penciptaan kader wirausaha baru yang dapat mandiri di bidang usaha kecil.

“Kegiatan pelatihan penciptaan kader wirausaha baru ini dasarnya adalah kita melihat generasi banyak yang nganggur dan masih banyak yang belum bisa membuka lapangan usaha baru, walaupun mulai dari usaha kecil-kecilan,” Kata Kepala Dinas KUMKM, La Ode Boa, Selasa (25/9/2019).

“Tujuannya adalah, setelah keluar dari pelatihan ini mereka termotivasi untuk membuka usaha kuliner maupun usaha jasa dibidang pariwisata,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan kegiatan ini Pemda Wakatobi telah menerobos berbagai macam persoalan melalui beberapa kegiatan. Alhasil, angka usahawan Mikro kecil dan menengah hampir menembus anggka 100%.

“Jumlah lima ribu lebih usaha mikro dan kecil di Wakatobi bertambah lagi dengan Lima puluh orang yang hadir hari ini. Mudah-mudahan keluar dari sini bertambah 75% atau paling kurang 50% yang mulai merintis usaha baru,” katanya.

Sembari mengatakan, “Di 2017 usaha mikro dan kecil serta menengah yang ada di Wakatobi itu 5.300. 2018 bertambah hampir 1.000, jadi total semua usaha mikro, kecil dan menengah di Wakatobi Enam Ribu Tiga Ratus.(b)


Reporter: Sahwan

You cannot copy content of this page