oleh

209 Cakades se-Kolut Siap Bertarung di Pilkades Serentak Jilid II

Reporter: Pendi

LASUSUA – Sebanyak 209 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 63 Desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah mendaftarkan diri untuk bertarung di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Jilid II, yang akan digelar 3 November 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kolut, Usman menjelaskan pendaftaran Cakades resmi ditutup 25 September 2019 lalu. Menurutnya, dari 63 Desa yang akan menggelar Pilkades terdapat tiga desa yang melebihi batas maksimal Cakades.

“Yakni Desa Labipi dan Patikala dengan masing-masing 6 Cakades, selain itu yakni Desa Sulaho dengan 10 Caakades yang sudah mendaftar, atau yang terbanyak di Pilkades jilid II,” kata Usman, Kamis (26/9/2019).

Menurutnya, untuk tiga desa yang melebihi jumlah pendaftar Cakades akan dilakukan penyaringan oleh Tim Panitia Tingkat Kabupaten untuk selanjutnya memilih 5 orang yang adakan ditetapkan.

BACA JUGA:

    “Untuk tiga desa itu, Panitia Kabupaten akan melakukan seleksi untuk memilih 5 Cakades dengan beberapa kriteria seperti pengalaman di bidang pemerintahan,tingkat pendidikan, dan wawancara dan secara otomatis akan ada yang gugur,” ujarnya.

    Untuk tahapan saat ini, kata Usman, DPMD Kolut menunggu hasil penetapan Cakaedes dari panitia tingkat desa serta perbaikan berkas untuk para Cakades yang diperpanjang hingga sepekan kedepan.

    “Setelah itu kami akan mencetak kertas surat suara walaupun perencanaan dan persiapan logistik jauh hari sebelumnya kami sudah siapkan kendatipun belum rampung semua,” tutupnya. /B

    Terkini