oleh

29 Tahun Teater Sendiri, Suguhkan Beragam Persembahan Kesenian

 

Reporter: Nina Piratnasari

KENDARI – Memperingati ulang tahun yang ke-29, salah satu komunitas seni dan sastra di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) Teater Sendiri (TS), mengadakan panggung pertunjukan, Jumat, 25 Juni 2021.

Panitia pelaksana sekaligus pegiat seni dan literasi di Sultra, Syaifuddin Gani, mengatakan bahwa para penampil adalah sastrawan, dan seniman Kota Kendari yang terdiri atas tiga genre kesenian yaitu pembacaan karya sastra, pentas teater dan pentas musik.

“Kami menyiapkan beragam persembahan kesenian seperti improvisasi teater, pembacaan puisi, pembacaan cerpen, pentas teater, musikalisasi puisi, gitar akustik, dan diskusi seni,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan ada kurang lebih 15 penampil yang menampilkan karya-karyanya dihadapan penonton di Kota Kendari.

Menurutnya, moment 29 tahun ini menjadi moment kembalinya anggota yang selama ini sibuk bekerja, dan akhirnya kembali berkumpul di teater sendiri.

Moment ini dapat menyatukan ide, pandangan, untuk kembali bekerja dengan teater sendiri disamping bekerja dengan komunitasnya masing-masing.

“Karena kegiatan ini dilaksanakan di masa pandemi akibat Covid-19, panitia menerapkan protokol kesehatan untuk kita ikuti bersama. Dari segi teknis kita dari awal mengumumkan di media sosial tentang protokol kesehatan gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, lalu gunakan handsanitizer. Panitia menyiapkan itu semua agar protokol kesehatannya tetap terjaga,” tambahnya.

Ia berharap agar para pegiat seni dapat terus fokus berkarya sesuai dengan jenis kesenian yang dipilihnya, dan teater sendiri bisa dianggap menjadi suatu referensi bagaimana kekaryaan itu benar-benar menyata dan menjadi bagian dari sejarah Kota Kendari.

Terkini