33 Wisatawan Asing Masih di Tomia

Reporter: Asrul Hamdi / Editor: La Ode Adnan Irham

WAKATOBI – 33 Wisatawan asing hingga kini masih berada di PT Wakatobi Dive Resort (WDR), Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi, Nadar.

“Hasil koordinasi terakhir dengan pihak WDR hari ini,” kata Nadar ketika dihubungi Mediakendari.com, Selasa 17 Maret 2020.

Namun Nadar tak menyebut pasti dari mana saja asal wisatawan, serta sejak kapan mereka ada di WDR. Wisatawan yang menuju PT WDR selalu tiba menggunakan pesawat dari Bali dan mendarat di Bandara Maranggo, Pulau Tomia.

“Kalau di Hoga sudah pembatalan semua,” tuturnya.

Sebelumnya, Kasubsi Tekhnologi Informasi, Intelejen dan Penindakan Keimigrasian (TI-INTELDAKIM) Imigrasi Wakatobi, Zofist menyebut, data per-Januari 2020, ada tiga Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan perpanjangan paspor.

Ketiga Warga Negara Asing (WNA) tersebut lanjutnya, sudah ada sejak awal Maret 2020. Dua WNA berkebangsaan Jerman di Wangi-wangi dan satu kebangsaan Belanda di Kaledupa.

“Keberadaan mereka itu yah Maret lah, Maret awal. Kalau yang sudah perpanjangan itu di Kaledupa sebelum gencar (wabah Corona) sudah disini memang,” ungkapnya.

Terkait kunjungan wisatawan mancanegara melalui jalur Bandara Maranggo Tomia, Zofist menambahkan. Wisatawan melakukan perjalanan dari negara asalnya melalui Bandara Ngurahrai Bali, sudah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat.

“Wisatawan ke One Moba’a itukan, mereka transitnya Bali. Disana mereka diperiksa. Ada Imigrasi, Kesehatan dan Bea Cukai. Mereka dikasi surat kuning dari kesehatan, itulah yang menyatakan mereka layak dan sehat,” tutupnya. (A)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda