PENDIDIKAN

393 Kepsek se-Konsel Latihan Kelola Dana BOS

460
×

393 Kepsek se-Konsel Latihan Kelola Dana BOS

Sebarkan artikel ini
Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, ST.,MM. Foto: MEDIAKENDARI.com/Erlin/C

Reporter: Erlin
Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – 393 Kepala Sekolah (Kepsek) SD hingga SMP se-Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengikuti pelatihan dan tata cara pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Tujuannya meningkatkan akses dan mutu pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional.

“Sehingga Konsel mendorong terselenggaranya pendidikan masyarakat yang baik,” kata Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat membuka kegiatan di salah satu hotel di Kendari, Senin (28/10/2019).

Kata Bupati, masyarakat menaruh harapan besar pada belanja daerah pada aspek belanja dana BOS yang dinilai dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan SDM yang berkualitas.

Tentunya, lanjut Surunuddin, dibutuhkan pengelolaan keuangan dana BOS yang baik dan tertib. Sesuai tujuan yang diharapkan berdasarkan regulasi pengelolaan keuangan daerah dan petunjuk teknis dana BOS.

BACA JUGA:

Dia berharap, kegiatan itu juga memberikan kelancaran dan implementasi pengelolaan keuangan dana BOS, juga sebagai rangkaian yang tak terpisahkan dalam pengelolaan keuangan daerah yang berkolerasi dengan opini WTP yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Konsel.

“Yang tentu harus kita pertahankan dan tingkatkan kualitasnya,” paparnya.

Ditambahkan Kepala Bidang (Kabid) Akuntansi BKAD Konsel, Asnur, workshop dilaksanakan berdasarkan Permendagri No 64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintah yang berbasis akrual pada Pemkab dan Pemkot. Dan dana BOS salah satu yang material dalam penyusunan akun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

BACA JUGA:

Kegiatan yang diikuti 391 Kepsek SD dan SMP Negeri dan dua Kepsek SD dan SMP Swasta itu digelar 28 hingga 30 Oktober yang menghadirkan pemateri dari BPKP Sultra, Kejaksaan, Kapolres, Kejari, Disdikbud, dan BKAD Konsel. Tujuannya mengoptimalkan pengelolaan keuangan dana BOS di Konsel yang baik dan tertib sesuai ketentuan yang berlaku.

Kegiatan yang dibuka Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga itu juga hadir Sekda H. Sjarif Sajang, Kadisdikbud Konsel H. Saifuddin, dan Kabag Humas Setda Gunawan Syah. (B)

You cannot copy content of this page