oleh

40 Ribu Lembar Surat Suara Pilkades Kolut Siap Didistribusikan

Reporter: Pendi
Editor: Kang Upi

LASUSUA – Logistik berupa surat suara, paku, alas coblos dan lainnya, yang bakal digunakan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II di Kabupaten Kolaka Utara siap didistribusikan.

Pilkades serentak tahap II tahun 2019 ini rencananya akan digelar pada 3 November 2019 mendatang di 197 desa se-Kabupaten Kolut.

Sekretaris Panitia Pilkades, Patahuddin menuturkan, sejak hari ini mulai dilakukan pengepakan logistik kedalam kotak suara, yakni seluruh kebutuhan logistik Pilkades tersebut.

“Seperti kertas surat suara, kertas plano, paku, alas coblos, pulpen dan lain-lain sesuai kebutuhan pelaksanaan pencoblosan pemilihan kepala desa,” kata Patahudin diruang kerjanya, Kamis (31/10/2019).

BACA JUGA:

Untuk pendistribusiannya sendiri, kata Patahudin, akan dilakukan mulai 1 November 2019, diawali dari wilayah desa yang jauh dan susah dijangkau seperti di Kecamatan Tolala, Purehu, Batu Putih dan sebagian di Kecamatan Ngapa.

Menurutnya, Pilkades serentak tahun 2019 ini berbeda dengan Pilkades serentak tahun sebelumnya. Sebab, Pilkades kali ini penghitungan TPS nya dilakukan tiap dusun.

“Jadi telah disiapkan kotak tiap dusun itu di dalam TPS walaupun itu pemilihannya tetap berada dalam satu TPS,” tutupnya

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kolut, Usman menuturkan, Pilkades serentak tahun 2019 ini diikuti sebanyak 197 Calon Kepala Desa.

“Sudah ditetapkan dan siap untuk bertarung dan membutuhkan 40.072 kertas surat suara yang disiapkan secara keseluruhan, termasuk surat suara cadangan sebanyak 2,5%,” jelasnya. (A)

Terkini