oleh

417 Rumah Warga di Mubar Masih Digenangi Air Hujan

-FEATURED-69 dibaca

MediaKendari.Com, Muna Barat – Kurang lebih dua minggu Kabupaten Muna Barat (Mubar) diguyur hujan yang berkepanjangan, sejak tanggal 27 Mei lalu, hingga kini belum juga surut.

Jalan-jalan protokler dan pekarangan rumah warga juga belum surut. Akibatnya sebanyak 417 rumah warga yang tergenang akibat hujan harus mengalami kerugian.

Kepala BPBD Mubar, Nazirun mengatakan, genangan air hujan yang ada di jalan-jalan protokoler serta di pekarangan warga, itu sampai hari ini belum juga surut. Ini karena luapan kali akibat curah hujan yang begitu tinggi sehingga membuat genangan.

Pramuka

“Hingga kini hampir disemua kali aliran sungai belum ada sentuhan baik normalisasi maupun pembuatan tanggul. Sehingga setiap ada hujan dengan curah hujan yang tinggi pasti ada genangan dimana-mana, “ungkap Nazirun, Kamis (8/6/2017)

Kata dia, antisipasi yang dilakukan pemerintah saat ini adalah melakukan pembuatan kanal banjir di sepanjang yang tergenang air sampai ke aliaran sungai. Tindakan ini adalah agar genangan air tersebut segera surut.

“Dan alhamdulilah saat ini pembuatan kanal banjir sementara berjalan itu sepanjang 10 kilo meter yakni mulai Desa Guali, Lapokainse, Lakawoghe dan Desa Kasakamu Kecamatan Kusambi. Yang kedua di Desa Waumere Kecamatan Tiworo (Tikep) Kepulauan. Selanjutnya perluasan kanal banjir di Desa Wandoke Kecamatan Tikep,” jelasnya.

Laporan : Zulfikar
Editor : Redaksi

Terkini