oleh

53 Jurnalis Kompeten, Sarjono : Terima Kasih Dewan Pers dan PWI Pusat

Penulis : Ardilan

KENDARI – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sarjono mengapresiasi PWI Pusat dan Dewan Pers yang telah memberi dukungan kepada insan pers di Sultra dengan memberikan kesempatan 54 jurnalis mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) baik jenjang muda, madya maupun utama selama 4-5 Maret 2021 di Hotel Swiss Bell Kendari.

Ia berharap kedepan Dewan Pers tetap melakukan hal yang sama agar para pewarta di Bumi Anoa yang bernaung di bawah organisasi pers mendapat kesempatan yang sama agar dinyatakan kompeten.

“Terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan partisipasinya sehingga para wartawan dapat mengikuti UKW. Bagi yang belum dapat kesempatan kali ini, semoga berikutnya sudah bisa mengikuti uji kompetensi,” kata Sarjono saat memberikan laporan selaku Ketua Panitia UKW PWI 2021, Jum’at 05 Maret 2021.

Sementara itu, Direktur UKW PWI Pusat, Profesor Rajab Ritonga mengungkapkan dari dari total 54 peserta yang berjuang mengikuti ujian, 53 dinyatakan kompeten dengan rincian satu kelas jenjang utama dengan enam orang, lima kelompok jenjang madya 30 orang dan jenjang muda sebanyak 18 orang.

Prof Rajab berpesan kepada satu peserta yang belum kompeten agar tidak berkecil hati dan berusaha lagi dikesempatan berikutnya

“Selamat kepada wartawan yang telah dinyatakan kompeten. Sedangkan yang belum, silahkan agar menunggu selama 6 bulan lagi untuk mengikuti UKW yang sama,” tuturnya.

Ia pun tidak lupa mengingatkan para jurnalis yang telah berkompeten tersebut agar terus meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman mengenai pelaksanaan kode etik dan UU. Sebab, menurut dia, profesi pers merupakan pekerjaan yang mulia.

“Ini kilometer 0 perjalanan anda karena menjadi momentum hari yang bersejarah bagi perjalanan dunia jurnalistik ke depan,” ujarnya.

Komisioner Dewan Pers, Agung Darmajaya menambahkan dirinya berharap UKW menjadi cara ampuh agar kedepan wartawan semakin profesional dan bertanggung jawab dalam menjalankan kerja-kerja pers. Ia juga didaulat untuk menutup secara resmi pelaksanaan UKW PWI 2021.

“Keseriusan peserta yang datang dari berbagai daerah dan rela meninggalkan keluarga patut diberikan penghargaan dari kami. Pada intinya kami mengapresiasi semuanya,” katanya.

Terkini