oleh

55 Rumah di Desa Sulaho Kolaka Utara Terendam Banjir

Reporter: Pendi
Editor: La Ode Adnan Irham

LASUSUA – 55 rumah warga di Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir, Minggu (19/01/2020).

Warga setempat membutuhkan perhatian Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara untuk penanganan. Mereka juga berharap ada antisipasi banjir susulan.

Kardi, salah satu warga Dusun 4 menuturkan, hujan deras turun pukul 03.00 Minggu dini hari. Akibatnya, tanggul penahan air jebol dan langsung meluap ke perkampungan, sehingga hampir semua rumah di dusun empat terendam.

Sekretaris Kecamatan Lasusua, Andi Selle S.Sos saat dikonfirmasi melalui ponselnya membenarkan hal tersebut. Ia mengaku turun melihat kondisi warga yang terkena banjir.

“Iya, banjir yang kena Dusun Empat Desa Sulaho itu banjir disertai lumpur,” jelasnya.

Pemerintah Kecamatan Lasusua beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kolaka Utara dan pihak yang lain, sudah melakukan penanganan sementara.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Andi Setiawan saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya telah melakukan penanganan.

Namun pada saat di lapangan ada kendala yang mereka temui, yakni tidak adanya alat berat atau Exavator yang bisa digunakan untuk membuat tanggul yang jebol.

“Namun ada salah satu alat yang stand by di tempat milik salah satu perusahaan tambang, namun pihak perusahaan enggan memberikan alatnya untuk digunakan karena operatornya lagi sakit,” tuturnya. (A)

Terkini