NEWS

574 Calon Jamaah Haji Kota Kendari Akan Berangkat ke Makka

581
×

574 Calon Jamaah Haji Kota Kendari Akan Berangkat ke Makka

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- 574 orang Calon Jamaah Haji Kota Kendari tahun 1444H/2023M resmi dilepas Pemerintah Kota Kendari di salah satu hotel di Kota Kendari pada Senin, (29/05/23). 574 orang tersebut tergabung dalam dua kloter yakni kloter 24 dan kloter 25 Kota Kendari.

Penjabat Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, dalam pelepasan ini pihaknya mengimbau calon jamaah haji Kota Kendari agar melaksanakan ibadah haji niat karena Allah dan memanfaatkan momentum haji ini dengan melakukan seluruh rangkaian haji.

“Karena ini dihadiri oleh seluruh jamaah Islam di seluruh dunia, jamaah haji menjadi duta bangsa dan daerah dengan mengedepankan tertib, sopan santun dan tidak melaksanakan hal yang kurang patut,” katanya.

Dia juga mengimbau agar calon jamaah haji mengindari niat yang bisa mengurangi nilai ibadah haji, pelihara kesehatan agar bisa melakukan ibadah haji dengan sempurna karena untuk melakukan hal tersebut haru memiliki kesehatan yang sempurna.

“Pendamping ada dari unsur kesehatan dari RSUD kota Kendari dan dari kementerian agama Kota Kendari,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan untuk dukungan pemerintah kota dalam rangka haji ini adalah memfasilitasi calon jamaah haji yang transit di Makassar baik itu dari penginapan maupun tranportasi bandara ke asrama haji.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya mengatakan kloter 24 ini merupakan calon jamaah haji utuh dari Kota Kendari sedangkan untuk kloter 25 gabungan 189 jamaah dari Kota Kendari, Konawe, Konkep, Konawe Utara, Muna Barat, dan Buton Utara.

“Satu kloter itu terdiri dari 393 orang termasuk petugas pendamping. Petugas kloter itu lima, tapi sekarang di tambah petugas haji daerah yang membantu tenaga pendamping kloter. Kloter 24 itu ada 3 orang dan kloter 25 4 orang,” bebernya.

Dirinya juga mengharapkan kolaborasi terutama kompak dengan pendamping pasalnya jamaah haji tahun ini sekitar 40% terdiri dari lansia.

“Jadi kita harapkan management kloter harus berjalan dengan kompak. Karena kita juga tidak bisa berbuat apa-apa sebagai ketua kloter tanpa dukungan dari ketua regu karena dia lebih paham dengan jamaahnya,” Ungkapnya.

Untuk rencana perjalanan haji, Lalan mengatakan akan berangkat dari Kota Kendari pada 7 dan 8 Juni 2023. Kemudian diterima di Embarkasi tanggal 9 Juni. Setelah itu tanggal 10 akan diberangkatkan ke tanah suci.

“Kloter 24 itu berangkat tanggal 10 jam 8 pagi dan tiba di arab Saudi jam 4 sore waktu Arab Saudi ditanggal 10 juga. Kloter 25 itu berangkat tanggal 10 jam 11 malam dan akan tiba jam 7 pagi waktu arah saudi di tanggal 11,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan pihaknya mengapresiasi adanya pemberangkatan ini.

“Ini utuh semuanya 574 jamaah haji. Mudah mudahan mereka bisa melakukan haji karena tidak semua orang bisa melakukannya. Jadi manfaatkan waktu 40 hari itu untuk beribadah dan meminta pertolongan kepada Allah SWT,” katanya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page