oleh

800 Masyarakat Kota Kendari Terima Bantuan Sarana Prasarana Perikanan

-NEWS-229 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas perikanan Kita Kendari melaksanakan penyerahan bantuan sarana dan prasarana perikanan tahun 2022 di kantor Dinas Perikanan Kota Kendari pada Rabu, (16/11/22).

Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari, Imran Ismail mengatakan penyerahan ini dibagi menjadi tiga bagian. Bantuan pada perikanan tangkap diberikan sebanyak 47 paket bantuan berupa kapal dan perahu, alat tangkap, dan mesin perikanan. Pada bidang budidaya perikanan laut maupun air tawar diberikan delapan paket bantuan berupa bibit ikan, peralatan pakan mandiri dan pakan alami.

Sementara itu pada bidang pengolahan, Ismail mengatakan pihaknya memberikan lima paket bantuan berupa sarana kolstorek portabel dan tempat pengemasan unit pengolahan ikan.

Baca Juga : Pemkab Konawe Prioritaskan Tiga Program di Tahun 2023

“Ini semua kami serahkan kepada kelompok penerima yang ada di Kota Kendari dan kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh calon penerima,” ungkapnya.

Dia menambahkan jumlah penerima bantuan ini kurang lebih sebanyak 800 orang dari seluruh paket yang aka diserahkan.

“Disini ada bantuan dari kementerian ESDM berupa mesin yang menggunakan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas Sebanyak 400 lebih,” bebernya.

“Termasuk kita kerjasama dengan Pertanahan untuk melakukan sertifikasi tanah bagi nelayan yang tanahnya belum memiliki sertifikat. Itu kurang lebih 100 sertifikat,” tambahnya.

Ismail melanjutkan seluruh bantuan ini akan diserahkan termasuk bantuan asuransi nelayan terhadap keluarga pelaku nelayan yang mengalami kecelakaan saat melakukan aktivitas di laut.

Baca Juga : Askab PSSI Kolut Berangkatkan 24 Pemain ke Porprov Sultra

“Dengan BNI kami bekerjasama dalam penyaluran kartu usaha nelayan itu sebanyak 1900,” katanya.

Ditempat yang sama PJ Walikota Kendari mengatakan bantuan ini tidak hanya bersumber dari APBD kota tapi juga dari kementerian dan beberapa stakeholder yang ada di Kota Kendari.

“Harapannya adalah bagaimana masyarakat nelayan bisa tumbuh berkembang paling tidak dalam skala keluarga maupun berkontribusi dalam peningkatan ekonomi yang ada di Kota Kendari,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari