HEADLINE NEWSKESEHATANKONAWE UTARANEWSSULTRA

96 Persen Warga Terdaftar di BPJS Kesehatan, Konut Capai Kategori UHC

659
×

96 Persen Warga Terdaftar di BPJS Kesehatan, Konut Capai Kategori UHC

Sebarkan artikel ini
Kepala BPJS Konawe Utara, Zulkifli. Foto : Istimewa

Reporter : Mumun

Editor : Taya

WANGGUDU – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah mencapai kategori daerah Universal Health Coverege (UHC).

Kategori UHC diberikan bagi daerah yang tingkat penduduknya sudah 96 persen masyarakatnya memiliki kartu BPJS atau nyaris seluruhnya sudah terjamin kesehatannya.

Kepala BPJS Kesehatan Konut Zulkifli mengatakan, atas pencapaian Bumi Oheo pada kategori UHC, maka berdasarkan kebijakan pusat, Konut dapat mencetak kartu BPJS sendiri untuk masyarakat.

BACA JUGA :

“Sesuai kebijakan pusat bisa diberikan sistem percetakan open member, artinya hari itu mendaftar hari itu juga dicetakan apalagi cuman hilang atau rusak kartunya,” katanya, Rabu (24/7/2019).

Menurut Zulkifli, yang kadang menjadi kendala dalam percetakan kartu BPJS adalah misalnya bayi yang baru lahir, karena kadang didalam kandungan sampai lahir belum mengantongi kartu BPJS.

“Kan masih dikandungan. Kemudian anak pegawai dan ternyata sudah tidak ditanggung. Karyawan yang keluar dari perusahaan tapi belum dilaporkan. Kalau masyarakat lain, begitu terdata yang penting ada NIK nya langsung kita buatkan kartu BPJS nya,” ujarnya.

Untuk masyarakat Konut yang menjadi korban banjir dan kartu BPJS nya hilang, kata Zulkifli, pihaknya mempersilahkan untuk mengkonfirmasi kehilangannya dan langsung dicetakan kartunya. (A)

You cannot copy content of this page