oleh

ABG Dance Grup Meriahkan Peringatan Hari Jadi P2TM Kendari

-NEWS-238 dibaca

 

Reporter: Erlin

KENDARI – Penampilan ABG Dance Grup meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Peranakan Tionghoa Makassar (P2TM) Kendari yang ke 2 di salah satu rumah makan di Kota Kendari, Sabtu, 13 Maret 2021 malam.

ABG Dance Grup merupakan olahraga senam dengan koreografi gerakan tari itu, ditampilkan para ibu berusia lebih dari 50 tahun.

HUT ini turut dihadiri Ketua P2TM Kendari Tonny Sutedja, Penasehat P2TM Kendari Heri Asiku, Ketua Umum P2TM Arwan Tjahjadi serta pengurus P2TM se-Indonesia yang menyaksikan via zoom.

Mewakili Ketua P2TM Kendari, Robert Djohar menjelaskan, P2TM merupakan perkumpulan persaudaraan warga keturunan Tionghoa yang berkomitmen untuk tetap memelihara kebudayaan.

“Mengingat peranakan Tioghoa sudah banyak berbaur dengan beberapa suku. Peranakan Tionghoa sudah banyak menikah dengan suku lain,” kata Robert Djohar.

Meski komunitas P2TM lebih focus terhadap yang peranakan Tionghoa asal Makassar, namun oerkumpulan P2TM mempunya hubungan peranakan di Malaysia, Bangkok, Cina dan lainnya.

“Secara rutin kami melakukan pertemuan dengan peranakan yang ada di beberapa negara untuk tetap menjaga akulturasi budaya dan melestarikan seni kepada masyarkat dan generasi Tionghoa,” jelas Robert Djohar . L

Sebab, kata Robert Djohar, salah satu cara masyarakat Tionghoa untuk beradaptasi dengan penduduk lokal dengan cara memperkenalkan seni dan budayanya.

” Kami berharap generasi kami bisa memelihara budaya dan makanan khas tionghoa,” harapnya. /C

Terkini