oleh

Adipura Keempat Jadi Kado Perdana Pemerintahan ‘Tampil Manis’ di 2019

Reporter : Ardilan

Editor : Kang Upi

BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau kembali menyabet piala Adipura untuk keempat kalinya. Tropi bergengsi disektor penataan kebersihan kota itu menjadi kado perdana untuk kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, AS Tamrin dan La Ode Ahmad Monianse atau akrab disebut ‘Tampil Manis’ di tahun 2019.

Piala Adipura tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Yusuf Kalla pada Senin (14/1/2019) lalu DI di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Maggala Wanabakti Jakarta Pusat dan telah tiba di Baubau, Rabu (16/1/2019).

Wali Kota Baubau AS Tamrin mengatakan, prestasi ini merupakan buah kerjasama dalam menjaga kebersihan Kota Baubau. Menurut Wali Kota dua periode di daerah Eks pusat Kesultanan Buton ini, tropi Adipura merupakan perhargaan legal dan bukan abal-abal.

“Saya sangat bersyukur atas prestasi ini. Prestasi ini bukanlah prestasi orang-perorang tetapi prestasi bersama. Penghargaan saya sendiri yang terima di Jakarta Senin kemarin dan diserahkan langsung dari presiden melalui Wapres,” ucap AS Tamrin dalam sambutannya dikantor Wali Kota Baubau.

Prestasi ini, kata Tamrin, juga merupakan hasil kinerja pasukan kuning maupun hijau serta semua unsur pendidikan, perangkat pemerintah hingga seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, lanjut Tamrin, keberhasilan memperoleh piala Adipura juga tak lepas dari peran TNI/Polri yang telah menciptakan stabilitas keamanan daerah. Bagi dia, hal itu merupakan pondasi awal untuk berbuat kepada masyarakat.

“Perolehan adipura semoga dapat memberikan suport dan motivasi agar kita bisa pertahankan secara berkelanjutan. Keberhasilan ini tidak boleh berhenti saat ini namun menjadi kewajiban semua elemen untuk terus kita pertahankan,” harap Ketua DPD PAN Baubau itu.

Ditempat sama, Ketua DPRD Baubau, Kamil Adi Karim menambahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau sudah bekerja keras sehingga Baubau kembali memperoleh piala Adipura.

“Hasil ini juga berkat mereka telah bekerja dengan sebaik-baiknya. Kita akhirnya dapat penghargaan Adipura. Ini juga berkat kesadaran masyarakat makanya kedepan kita pertahankan dan tingkatkan lagi sinergitas dalam menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat piala Adipura tiba di Kota Baubau, Pemkot melakukan arak-arak berkeliling kota dan berakhir di kantor Wali Kota Baubau. Para Ketua DPRD Kota Baubau, Kamil Adi Karim kemudian menyerahkan kembali piala Adipura tersebut kepada Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse sebagai bentuk representasi masyarakat. (a)


Terkini