Gubernur Sultra, Ali Mazi saat membawakn sambutan pada kegiatan pengambilan sumpah dan janji kepada 45 anggota DPRD Sultra.

Pelantikan 45 Anggota DPRD Sultra, Gubernur: Memegang Amanat Rakyat dan Mendukung Sesama Anggota

Reporter: M. Ardiansyah R

Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih periode 2019—2024 mengucapkan sumpah atau janji anggota dewan dalam rapat paripurna, Senin (7/10/2019).

Pemilihan dilaksanakan secara serentak pada beberapa bulan yang lalu, telah menghadirkan wajah baru dalam parlemen dan masih juga terdapat wajah lama yang telah memiliki pengalaman pada periode sebelumnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi saat membawakan sambutan mengatakan, dengan berbagai latar belakang yang berbeda baik pengetahuan ilmu dan pengalaman, pada hari ini 7 oktober dilaksanakn agenda pengucapan sumpah janji anggota DPRD Sultra.

“Yang merupakan agenda puncak dari seluruh rangkaian proses, agenda penting ini sebagai sarana demokrasi, dalam mempresentasikan kedaulatan rakyat,” ucap Ali Mazi.

Lanjutnya, memegang amanat rakyat dalam rancangan membangun tatanan pemerintah daerah (Pemda) Provinsi Sultra, sebagai salah satu unsur yang wajib anggota DPRD mengetahui, memahami dan mampu menjalankan tugas serta fungsinya.

“Utamanya dikursi legislatif, sekaligus memberikan pendapat dan merekomendasi dalam berdaya guna bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan kebijakan pembangunan,” katanya.

Selain itu dengan satu tekad membantu mensejahterakan rakyat, pelaksanaan fungsi dengan mendukung sesama anggota yang mempunyai tingkat yang tinggi dengan berpegang pengalaman di bidang sosial.

“Harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan subtansi dibidang tugas DPRD yang menjadi tanggung jawabnya,” ucapnya.

Ali Mazi berharap perkembangan dan kemajuan masyarakat untuk peningkatan kualitas DPRD Sultra, sebagai salah satu unsur dalam menjalankan Pemda dan sekaligus mitra yang harus mampu bekerjasama secara bersinergi dalam memajukan suatu daerah.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada 45 anggota dewan Provinsi Sultra masa jabatan 2019-2024, berharap agar dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya selalu menjunjung tinggi supremasi hukum dan menjaga integritas terhadap kondisi kehidupan seluruh lapisan masyarakat dan selalu berusaha menemukan solusi yang tepat,” harapnya.

Menyelesaikan suatu masalah di tengah-tengah masyarakat, berharap anggota DPRD Sultra yang baru, meskipun dari berbagai Partai Politik (Parpol) yang berbeda, dengan beberapa anggota lainnya saudara dapat saling mendukung.

“Saling merangkul dan bahu membahu dalam meningkatkan ide agar bisa memenuhi harapan dan memperjuangkan kepentingan masyarakat sesuai dengan kewenangannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Pengucapan sumpah atau janji anggota dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Farkopimda), tokoh agama, Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum, Komisioner Komisi Pemilihan Umum dan Pengurus Parpol di Sultra, serta para kerabat dari anggota DPRD yang dilantik.

Berikut nama-nama anggota DPRD Provinsi Sultra yang terpilih :

Dapil Sultra I :
Sudirman (PKS), Aksan Jaya Putra (Golkar), Yudhianto Mahardika (Gerindra), Abdurahman Saleh (PAN), Sulaeha Sanusi (PDIP) dan Sudarmanto (Nasdem).

Dapil Sultra II :Nurlin Surunuddin (Golkar), Muh Endang (Demokrat), Asrizal Pratama (PAN), Rasyid (PKS), Bustam (Gerindra), Hasrat (PDIP), Ilham Akbar Kadir (PPP) dan Abdul Rahman Rahim (Golkar).

Dapil Sultra III :
Abdul Salam Sahadia (Demokrat), Waode Siti Nurlaila (Golkar), LM Marshudi (PKB), La Ode Frebi Rifai (PDIP), La Ode Tariala (Nasdem) dan Muniarty M Ridwan (PAN).

Dapil Sultra IV :
Kasriadi (PAN), Achmad Aksar (Golkar), Syahrul Said (Nasdem), Nur Salam Lada (PDIP), Ali Mardan (PKB), Abdul Rasyid Sawal (PPP), Muh Poli (PKS), Fajar Ishak (Hanura), Suandi (PAN) dan Haeruddin Konde (Gerindra).

Dapil Sultra V :
Nur Iksan Umar (Demokrat), Farhana Mallawangan (Golkar), Parmin Dasir (PAN), Muh Irfani Thalib (PKB), Sitti Nurhayati (Nasdem), Gunaryo (PDIP), Masyhuri (PKS), Jumarding (Demokrat) dan Supratman (Gerindra).

Dapil Sultra VI:
Titin Nurbaya Saranani (PAN), Rifki Saifulah Rasak (Demokrat), Herry Asiku (Golkar), Muh Nur Sinapoy (Nasdem), Syamsul Ibrahim (PAN) dan Sri Susanti (PBB). (Adv)

Iklan Balai PJN-XII Kendari
Iklan BLUD Konawe