KOLAKA TIMURNEWSWISATA

Air Terjun Tetewa Koltim, Permandian Indah yang Memukau

2572
×

Air Terjun Tetewa Koltim, Permandian Indah yang Memukau

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Air Terjun Tetewa Koltim. Foto: MEDIAKENDARI.com/Muhammad Al Priyasin/b

Reporter: Muhammad Al Priyasin
Editor: Kardin

KOLTIM – Daerah yang tepatnya di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) ternyata menyimpan destinasi alam yang indah, yakni Air Terjun Tetewa.

Letaknya yang cukup terpencil membuat wisatawan kurang memgetahui keberadaanya. Air Terjun Tetewa sendiri merupakan salah satu objek wisata terbaru yang berada di Desa Alaha, Kecamatan Ueesi, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Objek wisata yang masih sangat alami itu begitu memukau bagi siapa saja yang baru pertama kali menginjakan kakinya di Air Terjun Tetewa ini.

Suasana alam yang masih sangat asri di balut dengan keindahan air terjun akan membuat anda betah berlama-lama menghabiskan waktu.

Menurut penduduk setempat, Air Terjun Tetewa tersebut berasal dari kata “Tete” yang mempunyai arti Titian, sedangkan “Wa” mempunyai arti Mengalir.

“Jika digabungkan menjadi Titian Mengalir,” ujar salah seorang penduduk setempat, Minggu 9 Februari.

Air terjun itu terletak di desa yang sedikit terisolir dan butuh tenaga prima untuk sampai di lokasi, namun begitu tiba pengunjung akan dimanjakan dengan gugusan air terjun yang langsung jatuh kesungai yang begitu jernih.

Air terjunnya unik, luncuran air dari atas berjejer pada dinding batu alami di sepanjang aliran sungai. Sumber airnya dari dua mata air yang berbeda.

Air yang turun dari pancuran kurang lebih setinggi 3 meter itu berasal dari sungai Konawendekale yang bergabung dengan air mengalir di bawahnya dari sungai Konaweeha.

Namun sayangnya objek wisata itu belum mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Kolaka Timur, sehingga hampir tidak ditemukan satupun fasilitas penunjang pada objek wisata.

Tepatnya, objek wisata tersebut berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Kolaka Timur dan sekitar 130 kilometer dari pusat Kota Unaaha, Konawe.

Kelelahan akibat perjalanan yang cukup panjang seperti terbayarkan dengan pemandangan Air Terjun Tetewa yang begitu indah nan eksotik. (b)

You cannot copy content of this page