oleh

Akibat Covid-19, Pengerjaan Jembatan Rahabangga dan Sungai Asera Terhambat

-NEWS-281 dibaca

Reporter : Hasmar Tombili

UNAAHA – Akibat penyebaran covid-19, pengerjaan proyek jembatan Sungai Rahabangga di Kabupaten Konawe dan Jembatan Sungai Asera di Kabupaten Konawe Utara yang dikerjakan PT Brantas Abipraya Persero, terhambat penuntasannya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, Sandi Prima Yuda menjelaskan, wabah covid-19 yang berakibat di berlakuan PSBB di sejumlah wilayah di Pulau Jawa menghambat proses pengiriman material.

“Ini berdampak pada terlambatnya suplai material untuk konstruksi jembatan, terutama pada material tiang pancang dan rangka baja, yang mana material tersebut harus di datangkan dari pulau Jawa,” kata Sandi di kantor direksi PT. Brantas Abipraya (Persero) di Unaaha, Minggu 31 Mei 2020.

Selain itu, kata Sandi, kebijakan refocusing anggaran yang diambil Pemerintah Pusat akibat covid-19 mengakibatkan sebagian besar dana pembangunan dialihkan untuk penanganan covid-19. Untuk total kebutuhan anggaran proyek tersebut yakni Rp. 95. 528. 756.000 dari sumber APBN.

“Maka kecepatan pekerjaan tersebut menjadi sedikit melambat,” tambah Sandi.

Sandi juga menuturkan, berdasarkan ketentuan kontrak, proyek ini harusnya selesai pada 30 Desember 2019 dan September 2020. Namun mengingat kondisi pandemic,  PPK  telah memperpanjangan kontrak hingga Maret 2021.

“Diundur dan akan ditargetkan selesai pada awal Maret 2021,” ungkapnya.

Terkini