Alumni UII di Sultra Diajak Kelola Potensi Ekonomi Daerah

Reporter : Betirudin

KENDARI – Puluhan anggota Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) di Sulawesi Tenggara (Sultra) membahas potensi ekonomi dan sumber daya alam (SDA) di Bumi Anoa.

Hal itu dibahas dalam Seminar Nasional UII di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis 27 Februari 2020. Seminar ini merupakan rangkaian agenda pelantikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKA UII Pusat dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IKA UII Sultra.

Ketua IKA UII Sultra, Abdurrahman Shaleh dalam sambutannya dihadapan ratusan alumni UII memaparkan, bahwa Sultra adalah daerah dengan kekayaan SDA serta potensi ekonomi lainnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Sultra tahun 2019 lalu sebesar 6,5 persen, luas laut 8,3 persen dengan potensi perikanan mencapai 39 persen, yang saat ini telah terkelola dengan baik.

“Dengan potensi yang ada mari kita manfaatkan saya percaya bahwa Sultra bisa bersaing di taraf nasional, ada jaminan yang membedakan mengenai kualitas tanaman sehingga hal seperti ini adalah modal Sultra,” kata Abdurrahman Shaleh.

Ketua DPRD Sultra ini juga meminta agar perbankkan membuka akses yang luas terhadap masyarakat khususnya untuk mempermudah pemberian bantuan modal bagi pengembangan ekonomi.

“Saya berharap perbankan harus keluar dari zona nyaman memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar melakukan pinjaman di bank,” ujar politisi yang juga Ketua DPW PAN Sultra.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya juga mengungkapkan hal yang senada. Menurutnya, kondisi perekonomian Sultra kuat dan unggul.

“Terlebih lagi SDA harus kita kelola dengan baik. Saya berharap agar masyarakat bisa menangkap peluang usaha yang disediakan oleh pemerintah,” kata Ali Mazi.

Seminar nasional UII menghadirkan pembicara Ketua Dewan Pembina DPP IKA UII Halim Alamsyah yang juga menjabat Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Untuk informasi, pelantikan pengurus DPP IKA UII Pusat dan DPW IKA UII Sultra dijadwalkan pada 1 Maret 2020 mendatang di Kota Kendari , yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IKA UII.

Direncanakan hadir untuk melantik yakni Ketua Dewan Penasihat IKA UII, Prof Mahmud MD, yang juga menjabat Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI. /A

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total