PENDIDIKAN

Alumni Unsultra Didorong Mampu Bersaing di Era Industri 4.0

437
×

Alumni Unsultra Didorong Mampu Bersaing di Era Industri 4.0

Sebarkan artikel ini
Wisuda ke XXIV Universitas Sulawesi tenggara (UNSULTRA) di salah satu hotel di Kendari (Foto : Ruslan/Mediakendari.com)

Reporter : Ruslan

Editor : Kang Upi

KENDARI- Sebanyak 163 mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (UNSULTRA) menjalani prosesi wisuda hari ini, Senin (20/03/2019) di salah satu hotel di Kota Kendari.

Baca Juga :

Rektor Unsultra Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc, Agr dalam sambutannya meminta para wisudawan untuk tidak cepat berpuas diri atas prestasi yang dicapai selama menempuh pendidikan di Unsultra. Mereka, kata Prof Andi, harus tetap belajar untuk meningkatkan kemampuan utamanya di bidang Teknologi Informasi.

Berbagai tantangan dan peluang diera revolusi industri saat ini 4.0, kata Prof Andi, sangat beragam. Untuk itu, Unsultra didorong mampu reorientasi kurikulum terkait literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler kaitannya dengan pengembangan kepemimpinan dan mampu bekerja dalam tim.

“Saat ini dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 dengan fenomena inovasi yang mengganggu, dimana perusahaan besar seperti Google, Apple, dan IBM, tidak lagi membutuhkan pelamar dengan ijazah sarjana, tetapi harus memiliki pengalaman dan mengikuti pelatihan coding atau kelas kejujuran,” ungkapnya

Menjawab tantangan itu, Lanjutnya, Unsultra sudah menyiapkan solusi alternatif mulai dari peningkatan fasilitas kampus, seperti penyediaan rumah susun bagi mahasiswa berprestasi, tenaga pengajar berkualitas, hingga ruang belajar yang dilengkapi internet.

“Kami berharap kepada seluruh alumni untuk bisa memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan dan perkembangan di daerah ini, khususnya di Sulawesi tenggara,” tegasnya.

Baca Juga :

Dikesempatan yang sama, Gubernur Sultra Alimazi diwakili Asisten II , Nur Endang Abbas, mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Sultra mengapresiasi seluruh wisudawan atas keberhasilan menempuh pendidikan.

“Pemerintah mengharapkan alumni Unsultra dapat berkontribusi dalam pembangunan Sultra di era industri 4.0 yang saat ini sedang berjalan, utamanya program beriman dan berbudaya sebagai bagian dari program Sultra cerdas,” ungkapnya. (B)


You cannot copy content of this page