oleh

AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari Fasilitasi Alumninya Dapatkan Pekerjaan

-NEWS-81 dibaca

KENDARI – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Kendari membantu menfasilitasi para alumninya untuk mendapatkan pekerjaan.

Kebijakan ini merupakan tanggung jawab moral pihak kampus agar alumninya terserap di berbagai lapangan kerja. “Kalau ada alumni AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari yang belum dapat pekerjaan pihak kampus akan membantu menfasilitasi atau memberi masukan,” ungkap Sulkifli Said, S.Si, M.Eng yang mewakili pihak AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari saat menjadi nara sumber Bincang Kita di studio Mektv, Sabtu 20 November 2021.

Pihaknya sangat mendukung terbentuknya ikatan keluarga alumni (IKA) AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari karena selain sebagai wadah untuk mempererat hubungan silaturahim juga bisa menjadi wadah pelacakan alumni yang tersebar di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) sehingga dapat diketahui apakah sudah terserap di dunia kerja atau belum.

Pramuka

“Lewat IKA ini kita bisa tau kondisi alumni, bisa kita ketahui apa dan bagaimana kontribusinya kepada masyarakat dan daerah,” pungkas Sul yang juga dosen di AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari itu.

Baca Juga : Pemkot Lepas 34 Kafilah Festival dan Lomba Seni Qasidah di Butur

Lebih jauh Sulkifli menerangkan pihak kampus tidak hanya mendorong mahasiswa agar cepat menyelesaikan masa studinya akan tetapi tanggung jawab pada alumninya juga penting agar lulusan AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari cepat terserap di dunia kerja.

Untuk itu, pihak kampus telah melakukan beberapa terobosan terkait dengan bursa kerja bagi alumni salah satunya menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta termasuk dunia industri.

“Ini kita mulai lakukan sinkronisasi, artinya apa yang dibutuhkan industri kita kaitkan dengan apa yang harus dipersiapkan mahasiswa di kampus, ini juga bagian dari program kampus merdeka,” tukasnya.

Sementara itu, salah seorang pengurus IKA AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari Nursalam, S.Kom mengatakan beberapa bulan yang lalu IKA bekerjasama dengan pihak kampus dan badan eksekutif mahasiswa (BEM) terus melacak ke media sosial atau langsung ke tempat kerjanya.

Baca Juga : Pemprov Sultra Bangun Balai Latihan Kerja di Baubau

“Hasil pelacak kami, sementara ini sebagian besar alumni sudah terserap di dunia kerja,” terang Nursalam yang juga salah satu ASN di Dinas Pariwisata.

Hal yang sama dikatakan pengurus IKA lainya, Widya Ningsi menurutnya berbagai peran sosial IKA AMIK/STMIK Catur Sakti Kendari telah dilakukan seperti bantuan kepada yang timpah musibah kebakaran dan bantuan ke panti sosial.

“Berbagai kegitan sosial telah dilaksanakan, hanya saja saya berharap kedepan peran-peran sosial makin diperluas,” tukasnya.

Penulis : Redaksi

Terkini