Andi Lukman Optimis Universitas Karya Persada Muna Bakal Maju

NEWS349 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Universitas Karya Persada Muna (UKPM) resmi terbentuk sebagai universitas pertama di Kabupaten Muna, pada Rabu (04/01/2023).

Melihat terobosan baru itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara), Andi Lukman meyakini bahwa universitas tersebut kedepannya bakal berkembang.

“Saya yakin di sana bisa berkembang karena ada politekniknya terus ada vokasinya. Dan di sana juga akan ada diwajibkan satu semester untuk bisa kuliah di program studi lain,” ujarnya.

Kata dia, salah satu alasannya universitas tersebut memiliki salah satu program studi yang jarang ada di Perguruan Tinggi lainnya, yakni Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) FIK. Dimana program studi itu untuk di wilayah LLDIKTI baru tersedia di Perguruan Tinggi salah satunya di Universitas Karya Persada Muna.

Ia menjelaskan program studi ini menjadi penting  dan dibutuhkan di masyarakat disebabkan aturan-aturan baru yang menerapkan pengoperasian perusahan harus memiliki  sarjana K3.

“Di wilayah LLDIKTI itu K3 baru ada dua. Itu prodi itukan sangat dibutuhkan, artinya sekarang perusahaan itu tidak boleh melakukan operasional kalau tidak mempunyai sarjana K3,” ucapnya.

Terlebih yang menjadi rektor saat ini adalah Prof Usman Rianse, seorang tokoh akademisi yang memiliki banyak pengalaman diluar bahkan pernah menjadi rektor dua periode di kampus terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Universitas Halu Oleo (UHO) serta Dewan Pembina Yayasan Mitra Karya Persada Muna, Albet yang mampu melahirkan banyak inovasi di Kabupaten Muna khususnya dibidang pendidikan.

“Bisa saja kalau dikelola dengan baik dan saya yakin sekali Prof Usman Rianse dengan pak Albet mampu membesarkan itu,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail