DaerahKONAWE SELATAN

Andoolo Digoyang Gempa Bumi Magnitudo 3.1, Tak Berpotensi Tsunami

462
×

Andoolo Digoyang Gempa Bumi Magnitudo 3.1, Tak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini
ilustrasi

Reporter: Febi Purnasari / Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Gempa hari ini mengguncang wilayah Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada pukul 19:16:29 WITA, Rabu 27 Mei 2020. Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 3.1 SR.

BMKG mencatat pusat gempa Andoolo tersebut terletak pada koordinat 4.16 LS, 122.41 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 30.8 km.

Berdasarkan hasil dari analisis BMKG, pusat gempa berada di darat 30.8 Km timur laut Andoolo pada kedalaman 10 Km serta tidak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar geser Lainea di Timur Laut Andoolo,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rose Amalia.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kendari dan Konawe Selatan II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga pukul 19.50 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Selain itu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutupnya. (B)

You cannot copy content of this page