oleh

Anggaran Terbatas, Pemkot Baubau Prioritaskan Pembangunan Bersifat Mendesak

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggenjot perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) untuk diberikan kepada DPRD Baubau.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Abdul Rahim mengatakan, tim keuangan yakni kepala Badan Keuangan, Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau bersama pihaknya secara intern telah merampungkan penyusunan APBD-P.

“Dalam waktu dekat akan kami ajukan ke DPR. Semoga dapat dibahas secepatnya,” ucap Abdul Rahim kepada wartawan, Senin (23/7/2018).

Hanya saja, APBD-P Baubau tahun ini terbatas. Sehingga, pihaknya berencana memprioritaskan pembangunan yang bersifat mendesak untuk dilaksanakan.

“Kemarin kan kota ada utangnya. Utang yang kami maksud disini adalah retensi. Jadi, maksudnya pekerjaan – pekerjaan tahun kemarin itu belum dibayar 100%. Kami akan lunasi diperubahan ini,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Rahim, untuk mempercepat proses pembangunan tahun 2019 mendatang, pihaknya juga akan mengusulkan kegiatan – kegiatan bersifat perencanaan.

“Misalnya suatu Dinas ingin merencanakan pembangunan fisik, maka perencanaannya kita lakukan diperubahan ini. Dan juga penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang harus dan tidak boleh ditawar,” jelasnya.

Kendati demikian, besaran nilai APBD-P Baubau tersebut belum disebutkan.


Reporter : Ardilan

Terkini