oleh

Anggota Brimob Asal Kolut Gugur Dalam Tugas Usai Kontak Senjata di Poso

-NEWS-4.510 dibaca

Reporter: Pendi

KOLAKA UTARA – Kontak tembak aparat dan anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) kembali terjadi di Pengunungan Kilo 7 Desa Gayatri Kecamatan Poso Pesisir Utara Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu 3 Maret 2021.

Dalam peristiwa tersebut seorang anggota Brimob kelahiran Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Briptu Herlis Pombili dinyatakan gugur. Almarhum Briptu Herlis sendiri semasa hidupnya bertugas di pleton II kompi IV Yon A Satbrimob Sulteng.

Bripka Aksan, keluarga almarhum Briptu Herlis menuturkan, pihaknya dihubungi Sat Brimob Polda Sulteng perihal kematian anggota keluarganya itu sekitar pukul 16.00 Wita.

“Jadi kami mendapatkan informasi awal dari Sulteng itu kalau kejadiannya sekitar pukul 15.00 Wita terjadi kontak senjata dengan kelompok kriminal yang ada disana,” ungkapnya.

Atas kematian seorang putra kebanggaan tersebut, kata Bripka Aksan, keluarga merasa kaget dan merasa kehilangan. Meski demikian, atas meninggalnya Briptu Herlis keluarga sudah mengikhlaskan.

“Kami mengembalikan kepada Allah SWT atas peristiwa yang telah menimpa kepada keluarga kami itu karena hanya Allah yang bisa menentukan takdir seseorang didunia ini,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, jenazah almarhum rencnanaya akan diterbangkan ke kampung halaman malam ini, namun batal.

“Namun kami kembali dikonfirmasi brimob Sulteng bahwa mereka semayamkan malam ini disana, jadi besok Kamis 4 Maret 2021 baru diterbangkan kesini,” pungkasnya.

Sementara itu, Dangki I Batalyon Pelopor Sat Brimob Polda Sultra di Totallang, Kolut, Iptu Zaenal Abidin menjelaskan, pihaknya menyiapkan Lapangan Mikuasi Kecamatan Pakue sebagai titik pendaratan helikopter pembawa jenazah almarhum.

“Jenazah almarhum diperkirakan akan tiba besok sekitar pukul 10.00 Wita. Untuk upacara kami sudah menyiapkan satu pleton, untuk upacara pemakaman satu regu juga untuk penembak salvo,” terangnya.

Diungkapkannya juga, sebagai penghargaan atas perjuangannya almarhum mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Briptu menjadi Brigadir Polisi

“Sebagai anggota Polri khususnya Satuan Brimob turut berbelasungkawa atas meninggalnya salah satu anggota Brimob yang juga putra Kolut. Sesama Brimob kami sangat turut berduka cita dan semoga keluarga mendapat ketabahan dan kesabaran,” harapnya. /B

Terkini