MUNASULTRA

Angka Kemiskinan di Muna Dan Mubar Turun Signifikan

849
×

Angka Kemiskinan di Muna Dan Mubar Turun Signifikan

Sebarkan artikel ini
Kepala BPS Muna, Kadir Pua (Foto: Erwino/mediakendari.com)

Reporter : Erwino

Editor : Kang Upi

RAHA – Data Badan Pusat Statistik (BPS) Muna menyebutkan, angka kemiskinan di Kabupaten Muna dan Muna Barat (Mubar) mengalami penurunan yang signifikan setiap tahunnya.

Kepala BPS Muna Kadir Pua menjelaskan, angka kemisikinan di Muna pada tahun 2017 sebanyak 32.350 jiwa. Angka ini mengalami penurunan menjadi 29.115 jiwa di tahun 2018.

Sementara, untuk Kabupaten Mubar angka kemiskinan tahun 2017 sebanyak 12.891 jiwa, turun menjadi 11.391 jiwa di tahun 2018.

“Untuk presentasenya, dari 2017 ke 2018 angka kemiskinan di Muna menurun dari 14,5 persen menjadi 13,19 persen. Sedangkan Mubar, dari 16,24 persen turun menjadi 14,17 persen,” urainya pada mediakendari.com, Sabtu (26/1/2019).

Menurutnya, penurunan angka kemiskinan di dua daerah tersebut cukup signifikan karena lebih dari satu persen. Ia menduga, hal ini dipengaruhi adanya bantuan sosial dari pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH).

“Salah satu penyebab menurunnya kemiskinan karena ada bantuan-bantuan sosial seperti PKH dan sebagainya,” imbuhnya.

Olehnya itu Ia berharap, agar program bantuan sosial ini, peruntukan dapat selalu tepat sasaran agar jumlah kemiskinan terus mengalami penurunan setiap waktunya.

Selain itu, Ia juga menghimbau kepada masyarakat tidak perlu kaget jika menemui tim BPS saat melakukan pendataan dan memberikan informasi apa adanya.

“Jika ada petugas BPS datang maka diharap untuk memberikan informasi apa adanya, dan jangan ragu karena tidak dipungut biaya,” timpalnya. (B)

You cannot copy content of this page