oleh

Aplikasi Info BMKG Menangkan Penghargaan Internasional WMO Award 2020

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Aplikasi Info Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memenangkan penghargaan Meteorolog Dunia atau World Meteorologicial Organization (WMO) International Weather Apps award 2020.

Kepala BMKG Indonesia, Dwikorta Karnawati mengatakan penghargaan tersebut berhasil pihaknya dapatkan berkat dari kerja keras rekan-rekan BMKG.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dunia internasional terhadap BMKG,” ujarnya melalui siaran Pers yang diterima MEDIAKENDARI.com, Rabu 16 Desember 2020.

Aplikasi Info BMKG memenangkan kategori Weather Information for sectoral/specialised users. Dimana pengumuman pemenang tersebut dilaksanakan secara virtual, Selasa 15 Desember 2020 kemarin.

Dwikorta mengungkapkan aplikasi Info BMKG dibuat dan dikembangkan oleh insan BMKG dengan menggunakan open data BMKG dan dapat diunduh secara gratis di Apps Store serta Google Playstore.

“Dimulai sejak 2016 lalu, fitur dalam aplikasi Info ini pun terus dikembangkan, terakhir dengan menambahkan fitur dual bahasa yaitu Indonesia dan Inggris sehingga harapannya ke depan aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan di dunia,” terangnya.

Saat ini aplikasi Info BMKG telah di unduh sebanyak 6 juta lebih pengguna berbasis android dan 500 ribu lebih untuk pengguna iOS.

Melalui Info BMKG, masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi tentang cuaca, gempa, peta iklim, kualitas udara, cuaca maritim, cuaca bandara, titik panas, peringatan dini dan lainnya.

Masyarakat juga mendapatkan informasi secara cepat, real time, tepat, akurat serta luas jangkauannya dan mudah dipahami.

“Info BMKG menyajikan informasi prakiraan cuaca dalam tujuh harian di seluruh kecamatan di Indonesia. Untuk Gempabumi, aplikasi ini menginformasikan gempabumi terkini dengan magnitudo di atas 5.0 dan gempabumi dirasakan, disertai jarak lokasi gempa,” jelasnya.

Salah seorang pengguna aplikasi Info BMKG, yakni Rusman yang merupakan warga Kota Kendari menuturkan, aplikasi ini sangat membantu dirinya dalam beraktifitas karena dirinya lebih dulu menyiapkan diri akan perubahan cuaca yang terjadi.

“Kegiatan saya banyak di luar, dan aplikasi Info BMKG ini sangat membantu pekerjaan saya. Sebelum berangkat kerja pasti saya melihat dulu kondisi cuaca, apakah akan terjadi hujan atau panas terik sepanjang hari sehingga saya lebih bersiap diri dengan perubahan-perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba,” ucap Rusman.

“Pada momen-momen tertentu seperti mudik, di aplikasi ini juga menyajikan informasi cuaca di jalur mudik untuk kota-kota yang dilewati jalur para pemudik yang hanya ditampilkan ketika momen mudik atau informasi cuaca untuk event atau acara tertentu,” pungkas Dwikorta.

Perlu diketahui, WMO International Weather Apps award 2020 merupakan ajang bergengsi bagi para developer aplikasi yang bergerak di bidang cuaca di dunia.

Terkini