NEWS

Asmawa Ungkap Tiga Parameter Penilaian Piala Adipura

408
×

Asmawa Ungkap Tiga Parameter Penilaian Piala Adipura

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Kota Kendari raih penghargaan dalam bentuk Piala Adipura kategori sedang dari kementerian LHK.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan melalui tim penilai Adipura nasional Kota Kendari diberikan penghargaan untuk penataan lingkungan, pengelolaan kebersihan, dan pengelolaan sampah.

“Ini merupakan bentuk kerjasama dari seluruh masyarakat kota Kendari. Piala ini didedikasikan untuk pengelolaan kebersihan, penataan lingkungan, dan pengelolaan sampah dilingkungan masing-masing,” ungkapnya saat diwawancarai pada Rabu, (01/03/23).

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi demi terwujudnya Kota Kendari yang bersih dan asri.

Baca Juga : Selama Tahun 2022 BPJamsostek Sultra Bayar Klaim Capai Rp.210 Miliar

Adapun parameter penilaian atas piala Adipura ini, Asmawa mengungkapkan terdapat tiga hal secara makro. Pertama kebijakan yang diambil oleh pemerintah kota dalam rangka penataan lingkungan, pengelolaan kebersihan, dan pengelolaan sampah.

“Ini sudah jelas bagaimana akhir tahun 2022 kami membentuk satgas penataan Kota,” bebernya.

Kemudian parameter kedua adalah seperti apa kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota. Setelah membentuk satgas pihaknya merumuskan agar dimasing-masing kelurahan terdapat petugas kebersihan.

“Tidak hanya bertumpu di OPD atau DLHK, itu dari sisi kebijakan,” ucapnya.

“Kita lihat bagaimana antusiasme masyarakat hampir setiap hari saya lihat ada yang kerja bakti, artinya ada kesadaran bahwa kebersihan itu penting,” tambahnya.

Baca Juga : 59 Calon Anggota Bawaslu Sultra Jalani Tes CAT

Parameter terakhir adalah bagaimana alokasi pembiayaan dalam APBD dan hal ini pihaknya berterima kasih pada DPRD Kota Kendari yang telah mendukung.

“Mulai dari perubahan APBD, kemudian di APBD tahun 2023 ada alokasi yang sangat signifikan untuk penataan lingkungan,” bebernya.

Tak hanya itu dirinya memberikan waktu selama tiga bulan kepada petugas kebersihan untuk meningkatkan kinerjanya.

“Kalau mereka bisa bekerja lebih baik lagi kita akan berikan reward dalam bentuk penambahan insentif. Kemudian untuk lurah kita akan nilai kinerja dan bagi yang berprestasi kita akan promosi,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page