NEWSPROV SULTRA

Audiensi dengan BRIN, Sekda Sultra Tekankan Pentingnya Riset

429

KENDARI, Mediakendari.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio menerima audiensi Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Dr Yopi, beserta timnya. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari undangan Kepala BRIDA Sultra, Isma yang berharap adanya koordinasi langsung dengan pusat melalui pendampingan ke daerah Sultra dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU).

Asrun Lio menekankan pentingnya riset sebagai dasar kebijakan Pemerintah Daerah agar terorganisasi dan efektif. Dukungan BRIN melalui BRIDA dalam bentuk pendampingan diharapkan dapat memastikan keberhasilan implementasi program-program yang direncanakan. MoU yang akan ditandatangani diharapkan menjadi landasan kuat bagi kerjasama ini, mendukung langkah-langkah berbasis riset yang mendalam untuk manfaat besar bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Dalam pertemuan ini, kami membahas berbagai aspek penting mengenai penguatan kerjasama dalam kegiatan riset dan inovasi. Ini menjadi penting karena kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Daerah harus didasarkan pada riset yang mendalam sehingga dapat terorganisasi dengan baik dan efektif. Rencana kedepan untuk dukungan dari BRIN ke daerah melalui BRIDA dalam bentuk pendampingan sangatlah penting untuk memastikan keberhasilan implementasi program-program yang direncanakan,” ujarnya.

Ia juga berharap kerjasama dengan BRIN dapat mendorong pengembangan dan penerapan teknologi, serta peningkatan daya saing dan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Beliau optimis bahwa sinergi antara Pemerintah Daerah dan BRIN akan membawa manfaat besar bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Kerjasama ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan dan penerapan teknologi, serta peningkatan daya saing dan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kami optimis bahwa sinergi antara Pemerintah Daerah dan BRIN akan membawa manfaat besar bagi masyarakat Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Asrun Lio menambahkan bahwa kerjasama ini tidak hanya akan memberikan manfaat jangka pendek tetapi juga akan memperkuat fondasi inovasi daerah dalam jangka panjang. “Kami percaya bahwa dengan dukungan riset yang kuat dan implementasi teknologi yang tepat, Sulawesi Tenggara akan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, menciptakan peluang baru bagi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan bersama. Kami berkomitmen untuk terus mendukung tercapainya target-target pembangunan melalui pendekatan riset dan inovasi yang terintegrasi,” tegasnya.

Ketua BRIN Sultra, Isma yang mendampingi tim dari BRIN dalam audiensi dengan Sekda Sultra, menyampaikan bahwa audiensi ini mengenai penguatan kerjasama dalam kegiatan atau program yang harus melalui riset agar kebijakan bisa terorganisasi dengan baik. “Kebijakan-kebijakan yang akan ditempuh pemda diharapkan bisa dilaksanakan dengan riset sehingga kebijakan yang ditempuh ini bisa terorganisasi dengan baik. Tadi Pak Deputi ini minta penguatan dengan Pak Sekda dan Gubernur, kita ingin membuat nota kesepahaman sinergitas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Isma menekankan pentingnya Nota Kesepahaman ini sebagai dasar kerjasama untuk melakukan pendampingan program kegiatan BRIDA Sultra. “Ini penting apabila ada kegiatan yang memerlukan pendampingan dengan BRIN lebih aktif datang ke sini karena ada dasar kebijakan kerjasamanya. Kalau sudah ada kesepahaman jadi mereka wajib mendampingi kita apa yang kita perlukan nanti karena sudah ada dasar yang memayungi,” lanjutnya.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version