oleh

Bank Muamalat dan ICM Bangun Sinergitas Dalam Mengelola Dana Tabungan Haji dan Umrah

KENDARI – Melihat kondisi saat ini banyak perusahaan yang menggelapkan dana ibadah umrah atau melakukan penipuan terhadap para Calon Jemaah Haji (CJH) dan umrah. Hal ini berakibat pada masyarakat yang menjadi trauma dan takut untuk melakukan Ibadah Haji dan Umrah melalui travel.

Menanggapi hal itu, Pimpinan Bank Muamalat Cabang Kendari, Fitrawan mengatakan, pihaknya bersama Islami Center Muaz Bin Jabal Kendari membangun sinergitas dalam mengelola dana jemaah Haji dan Umrah.

“Jadi, setiap CJH dan umrah yang berkeinginan berangkat kebaitullah namun dana belum cukup, maka Bank Muamalat menfasilitasi dengan pembukaan tabungan haji dan umrah yang pada akhirnya ketika dana cukup maka melalui ICM akan mendaftarkan kepihak travel umrah atau siskohat kemenag untuk haji,” ujar Fitrawan saat ditemui diruang kerjanya, Senin (17/09/2018).

Dia mengatakan, tujuan sinergitas ini yakni memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk kepastian berangkat umrah melalui travel yang telah ditentukan.

Katanya, banyaknya perusahaan jasa travel dianggap menggelapkan dan melakukan penipuan kepada para calon Jemaah. Sehingga banyak Jemaah yang kecewa, karena niat mereka untuk Ibadah Umrah harus tertunda.

Pihaknya melakukan edukasi berupa seminar terkait Haji dan Umrah yang dihadiri kurang lebih 150 orang peserta dari masyarakat sekota Kendari. Dalam acara edukasi ini, Bank Muamalat bekerjasama dengan ICM, dimana ICM sebagai yayasan islam memiliki tanggung jawab edukasi kemasyarakat.

Lanjutnya, Bank Muamalat melakukan pembukaan rekening Haji dan Umrah yang sangat mudah dimulai dari Rp50 ribu. Dan khusus yang ada autodebet rutin tiap bulannya berkesempatan untuk mendapatakan undian Umrah dimana Tahun 2018 Bank Muamalat akan memberikan 75 Umrah gratis bagi pemilik rekeneing haji dengan saldo minimal Rp 5 juta.

Dia menjelaskan bagaimana tips cara memilih Travel Umrah yang aman yakni memilih travel resmi yang terdaftar di Kementerian Agama, periksa alamat kantor travel, perhatikan rekam jejak travel, jangan tergiur dengan harga murah dimana saat ini regulasi pemerintah harga minimal Rp20Juta.

“Kemudian cek kembali fasilitas yang diberikan, baik pesawat maupun hotelnya, cek cara pembayaran, pastikan ke rekening perusahaan. Dan jangan pilih Travel Umrah yang menjanjikan keberangkatan satu atau 2 tahun, serta memastikan visanya,” pungkasnya.(a)


Reporter: Waty

Terkini