EKONOMI & BISNISFINANCEKendariNEWSPERBANKAN

Bank Muamalat Resmikan Program Renovasi 12 Masjid Terdampak Banjir di Konawe

1017
×

Bank Muamalat Resmikan Program Renovasi 12 Masjid Terdampak Banjir di Konawe

Sebarkan artikel ini
Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan. (Foto: Istimewa)

Redaksi

KENDARI – Bank Muamalat melalui Baitulmaal Muamalat (BMM) meresmikan program ‘Benah-Benah Masjid’ untuk merenovasi 12 masjid yang terdampak banjir di Kabupaten Konawe.

Program ini diresmikan secara langsung Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan diadakan di Masjid Nurul Jihad, Desa Lalodangge, Kecamatan Pandidaha, Konawe, Kamis (22/08/2019).

Turut hadir dalam kegiatan ini Branch Manager Bank Muamalat Cabang Kendari Fitrawan, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang diwakili Asisten III Pemda Konawe Haslim Karim, jajaran Pemda Konawe, pengurus masjid penerima bantuan serta para jamaah.

Teten Kustiawan menuturkan, bahwa program ini merupakan kontribusi nyata untuk meringankan beban para korban bencana banjir di Konawe. Menurutnya, program ini termasuk kategori zakat fisabilillah.

“Laznas BBM bergerak merevitalisasi fisik dan bangunan masjid dengan nama program Benah-Benah Masjid. Program ini dilaksanakan pada 12 Masjid yang terdampak banjir di Konawe,” ungkapnya.

Menurutnya, program Benah-Benah Masjid diharapkan jadi stimulus bagi masyarakat untuk lebih bertanggung jawab dalam merawat dan yang lebih utama memakmurkan masjid.

Melalui program ini, kata Teten, diharapkan Masjid menjadi bersih dan nyaman sehingga masyarakat dapat kembali memanfaatkannya sebagai sarana beribadah.

“Seperti taklim, pembinaan generasi muda, dan berbagai aktifitas kegiatan masyarakat untuk mencapai rihdo Allah Subhanahu wa Ta’ala,” tambah Teten.

Dijelaskannya juga, bahwa bersamaan dengan peresmian ini satu masjid selesai diperbaiki, yaitu Masjid Nurul Jihad, di Desa Lalodangge, Kecamatan Pandidaha, Konawe.

“Dua masjid dalam tahap perbaikan yaitu Masjid Babu Tauba dan Nurul Huda di Desa Wonua Monapa, Kecamatan Pondidaha. Sembilan masjid lainnya dilaksanakan bertahap setelah seremonial dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya diwakili Asisten III Pemda Haslim Karim menuturkan, jika Pemda sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Bank Muamalat, untuk program ini.

BACA JUGA:

“Apabila 12 masjid ini telah rampung di renovasi oleh Bank Muamalat maka diharapkan warga bisa memakmurkannya, karena itulah tujuan utama dilakukannya renovasi bagi masjid terdampak banjir,” jelasnya.

Para jamaah di masjid yang menerima bantuan juga diminta untuk menjadikan tempat ibadah itu sebagai pusat pendidikan serta kajian ilmu untuk mendidik umat, agar berahlak baik.

“Kita tidak ingin membangun masjid hanya sekedar bermegah-megahan, dengan bangunan masjidnya. Untuk itu dengan program renovasi ini, masyarakat bisa memakmurkan masjid sehingga meningkat kualitas keimanannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Pemda Bombana Sukri Nur menjelaskan, program tidak hanya merenovasi bangunan masjid tapi membantu pengeras suara, karpet hingga tempat wudhu.

“Diharapkan program dapat memancing bank lain untuk turut membantu penanganan pasca bencana di Konawe,” tambahnya.

You cannot copy content of this page